[SALAH] Akun Facebook Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Akun Palsu. Humas Polda Kalimantan Tengah melalui akun Instagram resmi, mengonfirmasi bahwa akun Facebook memakai foto profil Edy Pratowo yang beralamat url (https://www.facebook.com/profile.php?id=100072520452201) adalah akun palsu.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Tiruan

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/OSMK3

=====

NARASI:

Edy Pratowo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah ke-9

Tinggal di Palangka Raya
Dari Palangka Raya

=====
PENJELASAN:

Ditemukan akun Facebook Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang beralamat url (https://www.facebook.com/profile.php?id=100072520452201). Akun tersebut memakai foto profil Edy Pratowo dengan mengenakan seragam dinas Gubernur. Tidak hanya itu, akun tersebut diberikan keterangan tempat tinggal di Palangka Raya dan juga telah memiliki 900 lebih teman.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, akun Facebook Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang beralamat url (https://www.facebook.com/profile.php?id=100072520452201) adalah akun palsu. Hal ini telah dikonfirmasi langsung melalui akun Instagram resmi Humas Polda Kalteng (@humaspoldakalteng), bahwa akun tersebut palsu.

Menurut keterangan, diduga kuat akun palsu tersebut akan digunakan sebagai modus penipuan.

Adapun akun Facebook asli Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo yakni beralamat url (https://www.facebook.com/edypratowo.bupatipulpis). Akun asli ini memakai nama profil “Edy Pratowo Pulpis (Informasi Layanan Publik)”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa akun Facebook Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang beralamat url (https://www.facebook.com/profile.php?id=100072520452201) adalah HOAX dan dikategorikan sebagai Konten Tiruan.

=====
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CT2-tPWBpyD/?hl=id


https://m.kumparan.com/amp/kumparannews/hoaxbuster-waspada-akun-medsos-palsu-wakil-gubernur-kalteng-untuk-penipuan-1wZbxWD4f54

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian