[SALAH] Terdapat Serpihan Emas di Gua Tao 8 Putri, Deli Serdang, Sumatera Utara

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Camat STM Hulu dan Ketua Pengurus Daerah IAGI menegaskan bahwa serpihan kuning dan berkilau di gua itu bukanlah emas.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: Facebook
archive.md/3jPAg

===

Narasi:

“Di dalam goa ini terdapat banyak emas, tetapi tidak untuk diambil ya guys, konon katanya tempat ini masih sangat sacral.
Goa Tao 8 putri, Deli Serdang, Sumatera Utara
Video dolan dari @jejezhuangofficial”.

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang menampilkan suasana sebuah gua yang bernama Gua Tao 8 Putri yang berada di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dalam Video tersebut dinyatakan bahwa Gua Tao menyimpan serpihan emas di setiap batu yang ada di dalam gua tersebut.

Namun melansir dari kompas.com, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Utara, Gustam Lubis, mengatakan bahwa serpihan berwarna keemasan yang terlihat di dalam gua tersebut bukanlah emas tetapi mineral pirit yang keluar dari celah batu gamping yang mengelilingi dinding gua dan kerap kali disebut sebagai emas palsu karena warnanya kuning menyerupai emas. Dengan letak gua yang berada dekat dengan sumber air panas yang banyak mengandung sulfur itulah yang menyebabkan munculnya mineral pirit. Hal itu disebabkan mineral pirit terbentuk karena adanya reaksi antara unsur besi (Fe) dengan Sulfur (S) atau belerang sehingga menghasilkan warga kekuningan seperti emas. Sementara, emas sendiri memiliki kode unsur (Au).

Selain itu, melansir dari suarasumut.id, Camat STM Hulu, Budiman membenarkan bahwa gua tersebut berada di kecamatannya, tepatnya di lokasi wisata Danau Linting. Tetapi ia menegaskan bahwa serpihan kuning dan berkilau di gua itu bukanlah emas. Bahkan Budiman juga berpendapat bahwa jika benar gua tersebut memiliki emas yang banyak maka orang-orang pasti akan ramai datang ke gua tersebut, tetapi faktanya selama 2 tahun terakhir, tidak banyak orang yang datang untuk mengunjungi gua tersebut.
Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait terdapat serpihan emas di Gua Tao 8 Putri, Deli Serdang, Sumatera Utara ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/12/101500065/-hoaks-ada-emas-di-gua-toa-putri-deli-serdang?page=all

https://sumut.suara.com/read/2021/09/02/133417/heboh-gua-berisi-serpihan-emas-di-deli-serdang-ini-penjelasan-camat

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian