[SALAH] Pesan WhatsApp Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika Memberi Sumbangan

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Informasi tersebut salah. Faktanya melansir dari Purwakarta News, Anne Ratna menegaskan bahwa akun WhatsApp tersebut bukanlah miliknya.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Imposter Content

===

Sumber: Pesan WhatsApp

===

Narasi:

“Assalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. Maaf apa benar ini dengan Sekolah Inklusi Sentra Salsabila. Anne Ratna Mustika. Maaf bu ini saya dan rekan-rekan kebetulan sedang ada rezeki lebih yang hendak di sedekahkan… Apa bisa saya minta nomor rekeningnya. Aamiin. Iya bu nanti kalau sudah di transfer saya kebari”.

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah pesan personal yang mengatasnamakan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika terkait pemberian sumbangan atau donasi kepada sekolah, yayasan, panti asuhan atau pesantren di wilayah Purwakarta. Dalam pesan tersebut pihak yang mengatasnamakan Anne Ratna Mustika meminta agar pihak yang sedang dihubungi tersebut mengirimkan nomor rekeningnya untuk keperluan pengiriman sumbangan atau donasi.

Namun melansir dari purwakartanews.pikiran-rakyat.com, dimintanya nomor rekening tersebut ditujukan untuk mengelabui pihak yang sedang dihubungi untuk nantinya dapat dimintai sejumlah uang oleh oknum yang mengatasnamakan Bupati Purwakarta.

Melansir dari purwakartanews.pikiran-rakyat.com, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menegaskan bahwa akun WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya itu bukanlah akun WhatsApp miliknya serta mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati, karena bentuk penipuan seperti itu bukan yang pertama kalinya terjadi.

Selain itu, melansir dari akun Instagram resmi Bupati Purwakarta, yaitu @anneratna82. Ia juga megimbau kembali kepada seluruh masyarakat Purwakarta agar berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Serta menyarankan untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwajib jika diantara masyarakat Purwakarta mendapatkan pesan yang mengatasnamakan dirinya dengan modus pemberian donasi atau sumbangan. Tidak hanya itu, Anne Ratna Mustika pula menegaskan bahwa ia akan segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian agar tidak terjadi lagi hal serupa di kemudian hari.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait pesan WhatsApp Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika memberi Sumbangan ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori imposter content.

Referensi:

https://purwakartanews.pikiran-rakyat.com/kabar-purwakarta/pr-1102584440/hati-hati-penipuan-atas-nama-bupati-purwakarta-ambu-anne-saya-akan-segera-laporkan-ke-polisi?page=2

https://www.instagram.com/p/CTuRQ97v1ol/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian