[SALAH] SMS Sido Muncul Bagikan Hadiah Uang Tunai Rp75 Juta

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada sumber pemberitaan yang kredibel terkait informasi tersebut. Melalui beranda laman resminya, Sido Muncul menginformasikan bahwa tidak pernah mengadakan undian berhadiah selain dari web resminya www.sidomuncul.com.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten Palsu

= = =
Sumber: Tangkapan Layar SMS

= = =
Narasi:
“info Resmi dari:
PT.SIDOMUNCUL
SELAMAT Bagi anda
yang M-dpatkan Hadiah
uang tunai Rp.75jt
pin undian (2RR5A7)
U/info klik
bit.ly/infohadiah-sidomuncul2021”

= = =
Penjelasan:
Telah beredar sebuah pesan singkat (SMS) yang berisikan pengumuman pembagian hadiah sebesar Rp75 Juta mengatasnamakan Sido Muncul. Dalam pesan tersebut terdapat link dan juga pin pemenang.

Setelah ditelusuri, link yang disematkan dalam pesan tersebut ternyata palsu, bukan situs resmi Sido Muncul, yakni www.sidomuncul.com.

Dilansir dari laman resminya, Pihak Sido Muncul memberikan keterangan bahwa Sido Muncul tidak pernah membagikan informasi terkait undian berhadiah atau lowongan kerja selain melalui web resminya www.sidomuncul.com. Selain itu, melalui instagram resminya PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. mengonfirmasi bahwa tidak pernah melakukan pengumuman berhadiah melalui SMS maupun aplikasi chat lainnya dan menghimbau untuk berhati-hati terhadap bentuk penipuan lainnya yang mengatasnamakan Sido Muncul.

Hoaks serupa sempat beredar dan sempat diulas dalam artikel periksa fakta Turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] PT Sido Muncul Bagikan Dana Bantuan Rp175 Juta”

Dengan demikian, klaim Sido Muncul bagikan hadiah uang tunai merupakan hoaks dengan kategori konten palsu.

= = =
Referensi:
https://www.sidomuncul.co.id/id/home.html
https://www.instagram.com/p/COsPq0AhTDt/?utm_medium=copy_link
https://turnbackhoax.id/2021/08/12/salah-pt-sido-muncul-bagikan-dana-bantuan-rp175-juta/

= = =
Editor: Bentang Febrylian