[SALAH] Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah, faktanya setelah ditelusuri foto tersebut telah beredar pada 16 Februari 2012 pada artikel yang dipublikasikan foreignpolicy.com dengan judul “Once Upon a Time in Tehran”. Pada penjelasannya, foto tersebut menggambarkan suasana di Tehran University, Iran pada tahun 1971.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Twitter
https://perma.cc/9QP9-4FHW

= = =
Narasi:
“#Afghanistan in the past 1970 #อัฟกานิสถาน #ตาลีบัน #Talibans”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah unggahan di media sosial yang menunjukkan foto sekumpulan perempuan sedang membaca buku di luar ruangan, foto tersebut diklaim berada di Afghanistan pada 1970.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Foto tersebut merupakan foto yang menggambarkan suasana di Tehran University, Iran pada tahun 1971. Foto tersebut pernah dipublikasi dalam laman foreignpolicy.com dengan judul artikel “Once Upon a Time in Tehran”, dalam keterangannya Tehran University telah terbuka bagi wanita sejak universitas tersebut didirikan pada tahun 1934. Sehingga foto tersebut tidak ada kaitannya dengan Afghanistan atau Taliban seperti yang disematkan pada caption foto tersebut.

Selain itu, dilansir dari afp.com, foto tersebut merupakan milik Kaveh Farrokh yang merupakan sejarawan Iran Kuno dan dipublish dalam situs pribadinya dengan judul “Old Tehran 1960s and 1970s”

Dengan demikian klaim Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970 merupakan hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi :
https://foreignpolicy.com/slideshow/once-upon-a-time-in-tehran/
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9LA9KP-1

= = =
Editor: Bentang Ferbylian