[SALAH] Bantuan Dana BPJS Sebesar Rp150 Juta

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M. Sc, Ph.D., AAK melalui akun resmi Instagram BPJS Kesehatan mengatakan bahwa segala bentuk informasi yang mengatakan tentang pemberian dana dari BPJS Kesehatan melalui SMS atau Whatsapp merupakan hoaks.

= = = =

KATEGORI: fabricated content atau konten palsu

= = = =

SUMBER: Layanan Pesan Singkat (SMS)

= = = =

NARASI:

“Slmat No Anda Trpilih
Mndpatkan Dana Bantuan IDR.150.000.000
U/Info Lbih Lngkpnya
Silahkn Buka Link
Bit[dot]ly/DanaBPJSKesehatan
PIN Locked 257257”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi yang disebarkan melalui layanan pesan singkat atau SMS yang mengatakan terdapat pemberian dana dari BPJS Kesehatan sebesar Rp150 juta. Pesan tersebut juga mencantumkan tautan dan pin yang nantinya dimasukkan dalam tautan tersebut.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M. Sc, Ph.D., AAK melalui akun resmi Instagram BPJS Kesehatan mengatakan bahwa segala bentuk informasi yang mengatakan tentang pemberian dana dari BPJS Kesehatan melalui SMS atau Whatsapp merupakan hoaks. Segala bentuk informasi mengenai BPJS kesehatan hanya diinformasikan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan pada Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok, Instagram, Mobile JKN serta Care Center di nomor 1500 400. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] SMS Bantuan Dana dari BPJS” dan “[SALAH] Bantuan Dana dari BPJS Kesehatan”.

Dengan demikian, narasi pada pesan singkat yang mengatakan bahwa terdapat dana bantuan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp150 juta tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2021/06/27/salah-sms-bantuan-dana-dari-bpjs/
  2. https://turnbackhoax.id/2021/04/27/salah-bantuan-dana-dari-bpjs-kesehatan/
  3. https://www.instagram.com/p/CPpPMhZlnTN/?utm_medium=copy_link

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian