[SALAH] Vaksinasi Massal Gratis 22 Juni 2021 di Kota Bogor untuk Umum 18 Tahun Ke Atas

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga). 
Informasi Palsu. Dinas Kesehatan Kota Bogor mengonfirmasi bahwa, meski untuk warga umum berusia 18 tahun ke atas dan ber-KTP Kota Bogor, vaksinasi massal gratis 22 Juni 2021 hanya boleh diikuti warga yang sudah mendaftar ke link resmi Dinkes Kota Bogor.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.
====

KATEGORI: Konten Palsu
====

SUMBER: Screenshoot chat WhatsApp
====

NARASI:

“Teman2 utk tgl 22 acara di boxiss kita reschedule lg yaa waktu nya sampai suasana kondusif kita ganti duluu dgn pemberian vaksin yaaa
Pim bejubel berkolaborasi dgn Boxies mall 123
Buat yg blm vaksin bisa ikuut Vaksin bisa juga uto umum/ kel nya yaa juga tp hanya untuk KTP Bogor yaa usia di atas 18 thn tp tdk lansia dan Tdk hrs yg py usaha
Hari : Selasa
Tgl : 22 Juni 2021
Tmp : Mall Boxies lt 1
Jam : 08 sd 15.00 wib
Harap bawa copy KTP dan KTP asli.Peserta vaksin nti bisa langsung dtng tdk usah di list
Terima ksh🙏🙏

PICLenny Boxies mall 1230812-8457-3637
Mengetahui
Ketua pim & bejubel
Lela
====

PENJELASAN:
Beredar pesan chat di WhatsApp yang menginformasi adanya vaksinasi massal gratis di Kota Bogor pada 22 Juni 2021, bertempat di Mall Roxies lt 1, pada pukul 08.00 – 15.00. Syarat vaksinasi massal gratis tersebut adalah bagi warga umum berusia 18 tahun ke atas, bukan lansia, dan tidak harus memiliki usaha. Peserta juga bisa langsung datang ke tempat yang diinfokan dengan membawa fotocopy KTP dan KK asli, serta tidak perlu melalui list.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, Dinas Kesehatan Kota Bogor melalui akun Twitter resmi @PemkotaBogor, menginformasikan bahwa pesan berantai di WhatsApp tersebut adalah HOAX.

Dilansir dari akun Instagram resmi Dinas Kesehatan Kota Bogor @dinkeskotabogor, vaksinasi massal 22 Juni 2021 untuk umum ber-KTP Bogor dan berusia 18 tahun ke atas, hanya diperuntukkan bagi warga yang sudah mendaftar ke link bit.ly/DAFTARVAKSINMASSAL_BATCH1

Adapun daftar peserta, tempat, dan jam kedatangan akan diinfokan melalui website resmi Dinas Kesehatan Kota Bogor (dinkes.kotabogor.co.id).

Masyarakat Kota Bogor yang ingin mendapatkan Informasi resmi mengenai program vaksinasi dapat mengunjungi akun Instagram resmi Dinkes Kota Bogor, yakni @dinkeskotabogor.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa pesan WhatsApp mengenai vaksinasi massal gratis 22 Juni 2021 bagi seluruh masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas adalah HOAX dan termasuk kategori Konten Palsu.
====

REFERENSI: https://mobile.twitter.com/PemkotaBogor/status/1406453787296890880


https://www.instagram.com/p/CQUi-Hmrb2p/


https://www.instagram.com/p/CQSSurSrCg0/


https://www.instagram.com/p/CQSlH3FrwaK/


====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian