[SALAH] Grup WhatsApp “To Firdaus We Ascend” atau “Ke Syurga Kita Pergi” Milik ISIS

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, pesan berantai WhatsApp tersebut merupakan hoaks lama yang pernah beredar sejak tahun 2017.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp

====

Narasi:

“Ijin Menginfokan. Sudah ada Grup WA Dengan Nama (“To Firdaus we ascend/ke Syurga Kita Pergi”), Jika di-Invite/Diundang Jangan ikut Bergabung, WA ini Milik ISIS/Daesh.

Jika Bergabung Maka Anda Tidak Bisa Keluar Dari Grup. Agar Berhati-hati, Sebarkan Kepada Keluarga & Sahabat Anda.”

====

Penjelasan:

Telah beredar pesan berantai melalui WhatsApp yang menginformasikan adanya grup WhatsApp bernama “To Firdaus We Ascend” atau “Ke Syurga Kita Pergi” milik ISIS. Penerima pesan tersebut diminta untuk tidak bergabung ke dalam grup itu karena tidak akan bisa keluar dari grup jika telah bergabung.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai itu telah beredar sejak tahun 2017. Mengutip dari detiknews, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, masyarakat perlu berhati-hati terhadap konten bernuansa propaganda sebab jaringan terorisme kerap menggunakan media sosial untuk penyebaran propaganda.

“Jadi karena di informasi yang beredar di dunia maya ini ya tentu tidak semuanya informasi yang bermanfaat dan baik kepada masyarakat. Jadi perlu kita mewaspadai ajakan-ajakan untuk bergabung dalam suatu percakapan grup media sosial, karena memang hari ini propaganda pelaku jaringan terorisme itu mengandalkan sosial media dalam menyebarluaskan konten-kontennya,” tutur Boy.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur untuk penggunanya apabila ingin keluar dari grup atau menghapus grup WhatsApp kapanpun jika pengguna adalah admin grup tersebut.

Pesan berantai yang sama sebelumnya pernah dibahas pada artikel Turn Back Hoax tahun 2020 berjudul [SALAH] Pesan Grup WhatsApp “To Firdaus We Ascend” atau “Ke Surga Kita Pergi”.

Dari berbagai fakta di atas, pesan berantai melalui WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten Palsu.

====

Referensi:

https://www.facebook.com/IndoHoaxBuster/posts/hoax-wag-milik-isis-beredar-sebuah-broadcast-di-whatsaap-dengan-isi-sebagai-beri/1423419084390230/

https://www.boomlive.in/fake-news-police-whatsapp-message-islamic-state-group-fake/

https://news.detik.com/berita/d-5177794/to-firdaus-we-ascend-dalam-radar-badan-antiterorisme

https://faq.whatsapp.com/android/chats/how-to-exit-and-delete-groups/?lang=id

Editor: Bentang Febrylian