[SALAH] Tidak Ada Bukti Ilmiah Minum Air Mineral 8 Gelas Bermanfaat bagi Tubuh

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Narasi tersebut tidak benar. Meminum air mineral sebanyak delapan gelas per-hari BUKAN tidak memiliki manfaat bagi tubuh, hanya saja takaran meminum air mineral setiap orang berbeda-beda. Melansir dari laman Detik, takaran meminum air mineral setiap orang tergantung pada faktor usia, iklim, intensitas olahraga, penyakit, kehamilan dan kondisi menyusui.

= = = =

KATEGORI: Misleading content/konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Instagram: https://bit.ly/3mTwNqF

(arsip sumber)

= = = =

NARASI

(Narasi dalam gambar diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“apakah anda tahu? Meminum terlalu banyak air bisa membahayakanmu karena ginjalmu tidak bisa memproses air dalam jumlah yang banyak. Dan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa meminum 8 gelas air setiap hari memiliki manfaat bagi tubuh”

(Narasi asli dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi dalam Instagram oleh akun beautyremediesofficial yang mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan bahwa meminum air mineral delapan gelas setiap hari memiliki manfaat bagi tubuh. Narasi tersebut juga mengatakan bahwa meminum banyak air tidak baik bagi ginjal, karena ginjal tidak bisa mencerna air dalam jumlah banyak.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari bukanlah tidak memiliki bukti ilmiah yang membuktikan bermanfaat bagi tubuh. Melansir dari laman Detik, meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari tidak bisa dianggap sama untuk semua orang. Takaran dalam meminum air mineral bergantung pada faktor usia, iklim, intensitas olahraga, penyakit, kehamilan dan kondisi menyusui. Melansir dari laman Kompas, para ahli di Institute of Medicine (IOM) di Amerika Serikat mengategorikan rata-rata kebutuhan minum harian untuk pria dewasa sebanyak 13 atau tiga liter per-hari, wanita dewasa sebanyak sembilan gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu hamil dengan sepuluh gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu menyusui sebanyak 12 gelas atau nyaris tiga liter, dan anak dan remaja sebanyak enam hingga delapan gelas. Namun, dalam beberapa kondisi, orang yang memiliki penyakit tertentu seperti ginjal perlu untuk mengonsultasikan kepada dokter terkait takaran konsumsi air per-hari.

Di samping itu, meminum air dalam jumlah yang terlalu banyak tidak membuat ginjal kesulitan dalam mencerna air dalam jumlah yang banyak, namun akan membuat terjadinya keracunan air atau water intoxication. Melansir dari laman Hellosehat, meminum air dalam jumlah yang terlalu banyak akan menyebabkan keracunan air atau overhidrasi, yang akan mengarah pada penurunan fungsi kognitif, seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir, dan mengalami disorientasi.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa narasi yang diunggah oleh akun beautyremediesofficial pada Instagram tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4715308/tidak-harus-selalu-minum-8-gelas-tiap-hari-ini-5-aturan-minum-air-putih/1/#news
  2. https://health.kompas.com/read/2020/01/27/072500768/perlukah-minum-air-putih-8-gelas-sehari-?page=all
  3. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  4. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/apakah-minum-terlalu-banyak-air-bisa-berbahaya/
  5. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3239733/terlalu-banyak-minum-waspada-keracunan-air-putih

= = = =

(Narasi asli dalam gambar)

“DID YOU KNOW? Drinking too much water can be dangerous to you because your kidneys can’t get rid of the excess water. And there is no scientific proof that Drink 8 glasses of water every day has any health benefits.”

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian