[SALAH] Foto “Kalau Ini Ngabalin Asli Mabok Agama Berceramah Didalam Gereja”

Ngabalin tidak memberikan ceramah apa pun kepada jemaat gereja. Dia hanya sempat menyapa sejenak para jemaat yang hadir. Ngabalin hanya berkunjung dalam rangka memenuhi undangan di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 16 September 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Rudi Bandudos (fb.com/rudi.bandudos) pada 10 April 2021 mengunggah sebuah gambar ke grup SAKU (Solidaritas Antar Suku). Foto yang diunggah adalah foto Ali Mochtar Ngabalin sedang di dalam sebuah gereja. Di foto tersebut terdapat narasi “Kalau Ini Ngabalin Asli Mabok Agama Berceramah Didalam Gereja”

Sumber : https://archive.ph/IN8Bd (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Ali Mochtar Ngabalin yang diklaim berceramah di gereja, merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, Ngabalin tidak memberikan ceramah apa pun kepada jemaat gereja. Dia hanya sempat menyapa sejenak para jemaat yang hadir. Ngabalin hanya berkunjung dalam rangka memenuhi undangan di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 16 September 2018.

Klaim serupa, sudah pernah diperiksa faktanya, salah satu di artikel berjudul [SALAH] “PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR” yang dimuat di situs turnbackhoax.id.

Dilansir dari artikel tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengunjungi ibadah minggu di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kedatangan Ngabalin langsung disambut oleh Gembala Sidang GBI Mawar Saron Pendeta Jacob Nahuway. Ngabalin tiba sekitar pukul 11.15 WIB. Ia dipersilakan Pendeta Jacob naik ke atas panggung untuk menyapa jemaat. Belum diketahui tujuan Ngabalin datang ke GBI Mawar Saron. Namun di sela-sela ibadahnya, Pendeta Jacob sempat mengungkapkan Ngabalin datang untuk memenuhi undangan dari GBI Mawar Saron.

Selain itu, dilansir dari Tempo, foto tersebut merupakan potongan dari foto yang dimuat oleh situs media Kumparan.com dalam artikelnya yang berjudul “Ngabalin Kunjungi Gereja Bethel Mawar Saron: Haleluya” pada 16 September 2018. Terdapat tiga foto dalam artikel itu, yang ketiganya memperlihatkan momen ketika Ngabalin berkunjung ke GBI Mawar Saron pada 16 September 2018. Foto-foto tersebut diambil oleh fotografer Kumparan.com yang bernama Nadia Riso.

Dalam artikel itu, tertulis bahwa Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengunjungi ibadah di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 16 September 2018. Kedatangan Ngabalin disambut oleh Gembala Sidang GBI Mawar Saron, Pendeta Jacob Nahuway. Ngabalin tiba sekitar pukul 11.15 WIB. Ia pun dipersilakan oleh Pendeta Jacob untuk naik ke atas panggung dan menyapa jemaat.

Ngabalin yang mengenakan kemeja safari berwarna coklat tersebut beberapa kali membungkukkan badannya ke arah jemaat. Ngabalin dan Pendeta Jacob kemudian bersalaman dan berpelukan. Lalu, Pendeta Jacob meminta Ngabalin untuk duduk di kursi yang disediakan. Saat diperkenalkan oleh Pendeta Jacob, Ngabalin sempat menyapa para jemaat yang hadir. “Haleluya, haleluya, haleluya,” katanya.

Di sela-sela ibadah, Pendeta Jacob sempat menyatakan bahwa Ngabalin datang untuk memenuhi undangan dari GBI Mawar Saron. “Kita sudah siapkan bika ambon dan nasi padang. Nanti akan berbicara di ruang kerja saya terkait beberapa hal,” tuturnya. Tidak ada pernyataan lain yang disampaikan oleh Ngabalin kepada jemaat. Pertemuan antara Ngabalin dan Pendeta Jacob akan dilangsungkan usai ibadah dan makan siang secara tertutup.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/09/18/salah-pura-pura-muslim-ternyata-kafir/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1333/sesat-klaim-ini-foto-saat-ngabalin-berceramah-di-gereja
https://kumparan.com/kumparannews/ngabalin-kunjungi-gereja-bethel-mawar-saron-haleluya-1537074643157610230

About Adi Syafitrah 1142 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo