[SALAH] Foto Jendral Uni Soviet

Foto Editan dan bukan jendral Uni Soviet. Foto aslinya merupakan foto dari Ali Husayni Sistani pada bagian tubuh dan kepala dengan menggabungkan wajah presiden jokowi pada bagian wajah.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: https://archive.fo/yGr1w

======

[NARASI]:

“Jendral uni soviet nihh drunnss,, elu jangan berani macam-macam sama ane!!!”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Noorhadi Syahputra mengunggah foto seorang pria berjenggot putih dan mengenakan sorban dengan logo palu arit. Dalam unggahannya, akun tersebut mengklaim bahwa pria tersebut merupakan jendral Uni Soviet bernama Jokhomeini As-Syaithonirrojiim.

Berdasarkan penelusuran, faktanya foto tersebut adalah hasil editan. Menggunakan mesin pencarian gambar yandex, ditemukan foto asli identik yang merupakan foto dari Ali Husayni Sistani, seorang marja Usuli Iran di Irak dan kepala beberapa seminari (Hawzah) di Najaf.

Sedangkan pada bagian wajah digabungkan dengan wajah presiden jokowi. selain itu terdapat penambahan logo palu arit di bagian sorban. Berdasarkan penjelasan dapat disimpulkan bahwa postingan tersebut merupakan konten yang dimanipulasi.

======

REFERENSI:

https://en.irna.ir/news/83652572/Ayatollah-Sistani-Deal-of-Century-doomed-to-failure

https://id.wikipedia.org/wiki/Ali_al-Sistani

https://katadata.co.id/febrinaiskana/berita/6016acf089564/jokowi-kecewa-ppkm-tak-efektif-ekonomi-tertekan-tapi-corona-tak-turun