[SALAH] “di Malaka, NTT Banjir datang bawa 🐊”

TIDAK ada kaitannya dengan peristiwa banjir di NTT pada 2021, video Buaya yang dibagikan sudah beredar sebelumnya pada tahun 2019 lalu. Direkam di Kalimantan, jaraknya sekitar 1,329.88 km dari NTT (jarak udara).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/Ix5Uw (arsip cadangan).

NARASI: “Menurut info yang beredar, ini di Malaka, NTT. Banjir datang bawa 🐊 ☹️☹️☹️☹️”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, masuk ke “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]. SUMBER membagikan video yang sudah beredar sebelumnya pada tahun 2019 lalu yang direkam di Kalimantan, menghubungkan dengan peristiwa banjir yang saat ini terjadi di NTT sehingga menimbulkan kesimpulan SALAH.

Referensi yang Berkaitan

Sumber video, akun Twitter dan Instagram Steve Backshall (akun terverifikasi) [2]

Jarak NTT – Kalimantan, “826,35 mi ( 1,329,88 km )” [3]

Berkaitan dengan banjir di NTT, detikNews pada 5 April 2021: “Kelahiran siklon tropis Seroja memicu terjadinya bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Data terbaru, ada 68 orang tewas dan 70 orang lainnya hilang.” [4]

Tentang Steve Backshall, situs resmi Steve Backshall: “Steve sangat menyukai dunia liar sejak dia bisa merangkak. Saat tumbuh dewasa, dia menghitung hewan yang tinggal di sekitarnya sebagai sahabat terbaiknya – dari keledai yang menderita asma hingga ular rumput di tumpukan kotoran!” [5]

Artikel periksa fakta sebelumnya yang membahas pelintiran dengan bahan video yang sama, turnbackhoax.id pada 2 Januari 2020: “BUKAN di Gresik. Lokasi peristiwa yang benar adalah di Kalimantan, video diunggah oleh Steve Backshall pada 11 April 2019 lalu.” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] twitter.com/stevebackshall: “Rainy season in Borneo, rivers are high, and we have new neighbours…”, http://bit.ly/2QgVONW / http://archive.md/eAfDO (arsip cadangan) dan instagram.com/backshall.steve http://bit.ly/37z2o8h / http://archive.md/oH8Go (arsip cadangan).

[3] distance.to: “Distance from Nusa Tenggara-Timur, IDN to Borneo, IDN”, https://bit.ly/3wwtZEb (Google Translate) / https://archive.st/4ieb (arsip cadangan).

[4] detik.com: “Musibah Bertubi di NTT: Banjir, Kapal Tenggelam, Pohon Tumbang, Lahar Dingin” https://bit.ly/39IPVSY / https://archive.md/OzXXJ (arsip cadangan).

[5] stevebackshall.com: “Selamat datang di situs resmi Steve Backshall”, http://bit.ly/39z3bYk (Google Translate) / https://archive.st/w3ce (arsip cadangan).

[6] turnbackhoax.id: “[SALAH] Video Buaya “DUSUN LOPANG, DRIYOREJO, GRESIK”, http://bit.ly/2QGTQFt / https://archive.md/Dv8eZ (arsip cadangan).

CATATAN

Sumber lain yang membagikan video yang sama dengan konteks yang salah, https://archive.md/t5jyr (arsip cadangan).