[SALAH] Video “MELEDAKNYA PERTAMINA DI INDRAMAYU.. MOBIL MEWAH IKUT TERBAKAR”

BUKAN di ledakan Pertamina Balongan, Indramayu. Insiden terbakarnya puluhan supercar di video tersebut merupakan kebakaran gudang terjadi di Cheshire, Inggris.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Syam Siar (fb.com/syam.siar.52056) pada 31 Maret 2021 mengunggah sebuah video supercar yang terbakar dengan narasi sebagai berikut:

“ADA HIKMAHNYA JUGA…
MELEDAKNYA PERTAMINA DI INDRAMAYU..
MOBIL MEWAH IKUT TERBAKAR…!!!
SIAPA PEMILIKNYA???”

Sumber : https://archive.fo/bcGDz (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video supercar yang ikut terbakar di ledakan Pertamina Balongan, Indramayu merupakan klaim yang salah.

Faktanya, di ledakan Pertamina Balongan, Indramayu. Insiden terbakarnya puluhan supercar di video tersebut merupakan kebakaran gudang terjadi di Cheshire, Inggris.

Dilansir dari Kompas.com, kejadian tersebut terjadi sebuah gudang di Cheshire, Inggris. Insiden ini menjadi sorotan justru bukan kasus kebakaran tersebut, melainkan nasib deretan mobil mewah yang lenyap dilahap di jago merah.

Setidaknya lebih dari 80 mobil sports car lenyap terbakar. Di antaranya adalah Ferrari LaFerrari, salah satu koleksi termahal dan menjadi satu-satunya mobil yang belum sepenuhnya terbakar. Tidak hanya itu, beberapa model Ferrari lainnya diberitakan juga turut dilalap di jago merah, mulai dari 250 GTE, 360 Spider hingga 812SF. Mobil paling berharga dalam koleksi yang hancur dalam kebakaran itu dilaporkan bernilai 3 juta Pound Britania atau setara dengan Rp 59 miliar.

Diketahui, pemiliknya menyimpan mobil-mobil mewah tersebut di dua aula sebelum kebakaran hebat terjadi. Meski sebagian besar mobil diasuransikan, ada beberapa kendala sehingga kerugiannya tidak dapat diperbaiki.

Sementara itu, lokasi utama kebakaran di kilang Pertamina Balongan sendiri saat ini belum bisa diakses. Lokasi utama kebakaran hanya bisa dilihat melalui drone.

Dilansir Medcom.id, PT Pertamina (Persero) menyatakan seluruh api pada empat tanki T-301 yang terbakar di area Kilang Balongan telah padam pada 31 Maret 2021. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam keterangan resmi menuturkan sebelumnya tim emergency telah berhasil memadamkan api di tangki T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari, disusul tangki T-301E pada pukul 06.44 WIB dan tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzZrBdb-cek-fakta-puluhan-mobil-mewah-di-kilang-pertamina-balongan-ikut-terbakar-ini-faktanya
https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/21/111100315/ngeri-gudang-yang-isinya-puluhan-supercar-ludes-terbakar
https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GKdpm7dK-seluruh-titik-api-padam-kilang-balongan-siap-beroperasi-kembali

About Adi Syafitrah 1124 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo