[SALAH] Bantuan Pulsa dan Kuota Belajar Kemendikbud Periode Bulan Maret

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, tautan tersebut bukanlah tautan situs bantuan kuota belajar resmi yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Informasi resmi terkait bantuan kuota internet Kemendikbud dapat diakses melalui https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Tiruan

====

Sumber: WhatsApp

====

Narasi:

“http://kuotabimbel[dot]online/?v=75GigaBytes

KEMENDIKBUD
Program kuota belajar pulsa 200RB dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode bulan maret!”

====

Penjelasan:
Telah beredar pesan berantai melalui WhatsApp berisi informasi dan tautan terkait program bantuan kuota belajar 75GB dan pulsa senilai Rp200.000 untuk pengajar dan pelajar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) bulan Maret. Setelah tautan tersebut dibuka, calon penerima bantuan kuota dan pulsa diminta untuk memasukkan nomor telepon aktif.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut bukanlah tautan situs resmi bantuan kuota belajar resmi yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Mengutip dari Kompas, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie menghimbau para guru, dosen, siswa, dan mahasiswa untuk tidak percaya dengan informasi yang beredar melalui WhatsApp itu. Satu-satunya informasi terkait penyaluran dan pendataan subsidi kuota itu hanya ada di laman Kemendikbud.

“Banyak terjadi misleading, atau data yang tidak benar terkait kuota ini. Saya sering mendapatkan forward, link untuk mendapat kuota di Whatsapp. Saya katakan semua link itu tidak benar. Jadi informasi resmi terkait aktivitas kuota data 2021 bisa diakses di kuota-belajar.kemdikbud.go.id,” tegasnya.

Informasi serupa terkait bantua kuota internet dan pulsa sebelumnya pernah dibahas oleh Turn Back Hoax pada artikel berjudul [SALAH] Bantuan Pulsa Sebesar Rp200 Ribu untuk Guru, Dosen, dan Pelajar dan [SALAH] Link Program Bantuan Pulsa 200 Ribu dan Kuota 75 GB.

Dari berbagai fakta yang telah dipaparkan, pesan berantai terkait subsidi kuota internet dan pulsa Kemendikbud dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

====

Referensi:

https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/04/190519071/hati-hati-ada-link-hoaks-kuota-gratis-kemendikbud-di-whatsapp?page=all.

Editor: Dedy Helsyanto