[SALAH] Bantuan Pulsa Sebesar Rp200 Ribu untuk Guru, Dosen, dan Pelajar

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, Kemendikbud hanya memberikan bantuan pulsa dalam bentuk kuota internet, bukan pulsa seluler. Pemberian kuota internet disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan hanya dapat diakses melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“http :// pulsa . kuotapremium . xyz/? Val=200RB

21:56:51
*RESMI
200RB Pulsa Untuk Dosen, Guru, Siswa, Mahasiswa”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai di WhatsApp mengenai bantuan pulsa sebesar Rp200 ribu untuk guru, dosen, serta pelajar. Dalam pesan tersebut juga disertakan sebuah tautan yang perlu dibuka untuk mengklaim bantuan pulsa tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, Kemendikbud hanya memberikan bantuan pulsa dalam bentuk kuota internet, bukan pulsa seluler. Pemberian kuota internet disesuaikan dengan jenjang pendidikan, yaitu siswa PAUD mendapat bantuan pulsa sebesar 20 GB, pelajar tingkat dasar dan menengah sebesar 35 GB, guru tingkat dasar dan menengah sebesar 42 GB, serta dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB. Bantuan tersebut hanya bisa diakses melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Dengan demikian, pesan berantai yang beredar di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8N0jLgOk-cek-fakta-bantuan-pulsa-rp200-ribu-untuk-mahasiswa-siswa-dosen-dan-guru-ini-faktanya
https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/05/kemendikbud-lanjutkan-subsidi-kuota-internet-untuk-pembelajaran-jarak-jauh-pada-2021
https://teknologi.bisnis.com/read/20210107/101/1339821/subsidi-kuota-internet-gratis-bagi-pelajar-dilanjutkan-tahun-ini

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian