[SALAH] Foto “Salah satu buzzeRp rezim firaun yang berhasil tercolong kamera”

Wanita di foto itu seorang wanita yang menunjukkan cara memanipulasi peringkat app store yang viral di Tiongkok.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Ocha Aceh (fb.com/100064111785994) pada 17 Maret 2021 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita yang tengah mengoperasikan puluhan ponsel dengan narasi sebagai berikut:

“Salah satu buzzeRp rezim firaun yang berhasil tercolong kamera…pantes aja mereka kerja keras utk menghancurkan Islam …modalnya sudah byk yg dikeluarkan utk bayar buzzeRp dan hp utk buat puluhan akun, dsb, dll, dkk. AWAS BANYAK ADMIN DAN ANGGOTA CEBONG DI GROUP-GROUP”

Sumber : https://archive.ph/gbwYF (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto salah satu buzzerp rezim firaun yang berhasil terekam kamera adalah klaim yang salah.

Faktanya, wanita di foto itu seorang wanita yang menunjukkan cara memanipulasi peringkat app store yang viral di Tiongkok.

Dilansir dari medcom, foto tersebut salah satunya dimuat dalam artikel berjudul “A viral photo in China shows how to manipulate App Store rankings the hard way”. Artikel itu dimuat di techinasia.com pada 5 Februari 2015.

Dalam foto tersebut seorang wanita yang duduk di depan puluhan perangkat iPhone 5 telah menjadi viral di Tiongkok. Media berspekulasi wanita tersebut bekerja di sebuah tempat manipulasi peringkat App Store Tiongkok.

Tugasnya adalah mengunduh, menginstal, dan menghapus aplikasi tertentu berulang kali untuk meningkatkan peringkat App Store mereka. Meja tempat kerja dirancang khusus dan ada meja lain di seberangnya di latar belakang.

Foto itu juga diunggah di situs Weibo dengan teks, “”Hardworking App Store ranking manipulation employee,” seperti dikutip dari artikel berjudul “This disturbing image of a Chinese worker with close to 100 iPhones reveals how App Store rankings can be manipulated” yang tayang di situs businessinsider.com pada 12 Februari 2015.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2eRZMN-cek-fakta-foto-buzzer-tengah-memproduksi-informasi-hoaks-ini-faktanya
https://www.techinasia.com/viral-photo-china-shows-manipulate-app-store-rankings-hard
https://www.businessinsider.com/photo-shows-how-fake-app-store-rankings-are-made-2015-2

About Adi Syafitrah 1124 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo