[SALAH] Artikel berjudul “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode, Sebab Prabowo Sudah Melihat Dan Merasakan Kerjanya Yang OK”

GAMBAR EDITAN dari artikel yang berjudul “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode” yang tayang di situs Medcom.id pada 12 Maret 2021 dengan menambahkan kalimat “Sebab Prabowo Sudah Melihat Dan Merasakan Kerjanya Yang OK”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Ferry Ansyah (fb.com/ferry.ansyah.1238) pada 12 Maret 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar sebuah artikel berjudul “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode, Sebab Prabowo Sudah Melihat Dan Merasakan Kerjanya Yang OK”

Sumber : https://archive.ph/EmeZE (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, klaim adanya artikel berjudul “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode, Sebab Prabowo Sudah Melihat Dan Merasakan Kerjanya Yang OK” merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, gambar itu merupakan gambar editan dari artikel yang berjudul “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode” yang tayang di situs Medcom.id pada 12 Maret 2021 dengan menambahkan kalimat “Sebab Prabowo Sudah Melihat Dan Merasakan Kerjanya Yang OK”

Dilansir dari Tempo, judul asli artikel Medcom.id itu adalah “Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode”. Artikel tersebut dimuat pada 12 Maret 2021. Artikel ini juga berisi foto yang sama dengan yang tercantum dalam gambar tangkapan layar yang beredar.

Dalam artikel ini pun, tidak ditemukan pernyataan Arief bahwa Prabowo ingin Jokowi mengemban masa jabatan presiden selama tiga periode karena melihat dan merasakan kerjanya yang oke. Berikut isi lengkap artikel Medcom.id tersebut:

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut menghendaki masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama tiga periode. Prabowo dinilai sosok yang mengikuti arah Kepala Negara.

“Ya saya pikir kalau melihat sekarang sih pasti Prabowo mau lah (Jokowi tiga periode),” kata mantan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono dalam webinar bertajuk ‘Jabatan Presiden Tiga Periode: Konstitusional atau Inkonsistusional’, Kamis, 11 Maret 2021. Menurut Arief, Prabowo punya komitmen kuat terhadap apa yang dikatakan pemimpinnya. Prabowo disebut punya kapasitas pemikiran terhadap pengaruh politik atau sebagai balas budi menyikapi wacana presiden tiga periode.

“Prabowo bisa membedakan, antara politik dan mana balas budi. Dia tapi biasanya lebih ke balas budi,” ujar Arief. Keputusan jabatan presiden tiga periode pun, kata Arief, tetap menunggu sikap mau atau tidaknya Jokowi kembali maju. Arief pesimis Jokowi menang lagi di tengah gempuran dampak covid-19.

“Apakah Jokowi akan mau pengantinnya tiga periode? Kalaupun dia mau, dia maju lagi, saya katakan belum tentu dia akan menang, kalau dia tidak lulus di periode kedua ini dari dampak covid-19,” ujar Arief. Arief menilai wacana tiga periode hal positif. Namun, sistem pemerintahan perlu dibangun secara bersih dan transparan serta penegakan hukum yang optimal.

“Jadi enggak perlu baper (bawa perasaan) untuk tiga periode. Ini wacana bagus kalau kita melihat pengalaman dari (politik) ‘dagang sapi dan dagang kebo’ setiap presiden terpilih,” ucap Arief.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1286/keliru-screenshot-artikel-yang-kutip-arief-poyuono-bahwa-prabowo-mau-jokowi-tiga-periode-karena-kerjanya-oke
https://www.medcom.id/nasional/politik/dN6ADpaK-arief-poyuono-prabowo-mau-jokowi-tiga-periode

About Adi Syafitrah 1124 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo