[SALAH] Foto “Yosi Mokalu mengenakan kaos bertuliskan BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA”

Foto editan dan merupakan hoaks lama beredar kembali. Tulisan asli di baju kaos Yosi Mokalu adalah “GOLDEN STATE WARRIORS”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Andi Anja (fb.com/andi.anja.7902) pada 8 Maret 2021 mengunggah foto musisi Yosi Mokalu atau Yosi Project Pop yang seolah memakai kaos bertuliskan ‘Badan Arahan Buzzerp Istana’ dengan narasi sebagai berikut:

“memang babi kalian buzzer cebong”

Sumber : https://bit.ly/3bNiP5T (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto musisi Yosi Mokalu atau Yosi Project Pop memakai kaos bertuliskan ‘Badan Arahan Buzzerp Istana’ adalah klaim yang keliru.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan dan merupakan hoaks lama beredar kembali. Tulisan asli di baju kaos Yosi Mokalu adalah “GOLDEN STATE WARRIORS”.

Pada 3 September 2020, klaim ini sudah diperiksa faktanya dalam artikel berjudul [SALAH] Foto Yosi Mokalu Mengenakan Kaos Bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA” yang tayang di situs turnbackhoax.id pada 3 September 2020.

Dilansir dari artikel tersebut, dari hasil penelusuran dengan mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa foto serupa pernah diunggah dalam laman kapanlagi.com. Dalam foto tersebut, Yosi terlihat mengenakan kaos berwarna putih, namun BUKAN bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA” melainkan “GOLDEN STATE WARRIORS”.

Sementara itu, dilansir dari detikcom, Kominfo melalui Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi kemudian memberikan penjelasan. Dedy menegaskan tudingan yang beredar liar di media sosial tidaklah benar.

Dedy menjelaskan, Siberkreasi merupakan gerakan nasional literasi digital yang merupakan wadah kolaborasi bersama 108 lembaga dan komunitas. Di dalamnya, kata dia, memang ada program School of Influencer. Pelatihan yang ditujukan untuk masyarakat. Dedy menjelaskan, pelatihan itu ditujukan untuk masyarakat yang tertarik menggeluti bidang konten digital. Dia menegaskan School of Influencer bukan untuk para influencer.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/09/03/salah-foto-yosi-mokalu-mengenakan-kaos-bertuliskan-badan-arahan-buzzerp-istana/
https://www.kapanlagi.com/yosi-project-pop/foto/foto-yosi-project-pop-074.html
https://news.detik.com/berita/d-5152842/bantah-latih-influencer-kominfo-jelaskan-soal-siberkreasi-yosi-project-pop

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo