[SALAH] “kejadiannya desa tungondeng kabupaten Bulukumba”

BUKAN peristiwa di Bulukumba. Peristiwa di Jaffna, Sri Lanka, yang berjarak sekitar 12.658 km melalui jalur darat dari Bulukumba. Artikel dengan video yang sama sudah muncul sebelumnya pada 2 Maret 2021, beberapa hari yang lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Ini kejadiannya desa tungondeng kabupaten Bulukumba, mungkin ada yg dekat dari daerah itu dan punya keluarga polisi atau TNI segera tangkap binatang yg satu ini…??”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, masuk ke “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]. SUMBER membagikan video peristiwa yang terjadi di Jaffna, Sri Lanka, menghubungkan dengan lokasi lain sehingga menimbulkan kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Salah satu video dengan isi yang sama sudah dibagikan sebelumnya oleh situs Hiru News pada 2 Maret lalu: “Video sensitif seorang ibu yang menyerang bayi perempuannya yang berusia sembilan bulan saat ini beredar di media sosial. Serangan itu dilakukan oleh seorang perempuan berusia 24 tahun di kawasan Navaladi di Ariyalai, Jaffna. Wanita yang terlibat dalam insiden itu ditangkap dan anak itu telah ditahan polisi. Terungkap bahwa wanita tersebut berasal dari Timur Tengah. Polisi Jaffna sedang melakukan penyelidikan terkait hal ini. Tonton videonya dari sini.” [2]

Video di Page Facebook “Hiru Gossip International” [3].

Artikel berita dari situs lain, Ada Derana: “Seorang wanita dari daerah Manithottam di Jaffna telah ditangkap karena memukuli bayinya yang berusia 8 bulan menggunakan tongkat.” [4]

Selain itu, hasil pemeriksaan oleh GALIGO.ID dengan cara mendengarkan bahasa yang digunakan di video, mengkonfirmasi ke salah satu tokoh pemuda Desa Tugondeng, dan konfirmasi ke Kapolres Bulukumba, klaim bahwa lokasi peristiwa terjadi di Bulukumba adalah SALAH [5].

Verifikasi Lokasi

Google Maps: Bulukumba > Jaffna 12.658 km (jalur darat) [6].

Google Maps: Jaffna, Sri Lanka [7] .

Google Maps: Tugondeng, Bulukumba Regency, South Sulawesi [8].

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] hirunews.lk: “Ibu yang memukuli bayinya yang berusia sembilan bulan, ditangkap (Video)”, http://bit.ly/38mHNXk (Google Translate) / https://archive.st/kxez (arsip cadangan).

[3] facebook.com: “Berikut video bayi berusia 9 bulan yang diserang secara brutal” (Google Translate), http://bit.ly/3sXwDjN / cadangan cetak PDF*.

[4] adaderana.lk: “Ibu dari Jaffna ditangkap karena memukuli bayi dengan tongkat”, http://bit.ly/3rmhsjL (Google Translate) / https://archive.st/w95b (arsip cadangan).

[5] galigo.id: “Cek Fakta: Benarkah Kekerasan Anak Terjadi di Tugondeng Bulukumba?”, http://bit.ly/3ejCkV2 / https://archive.md/vP0PN (arsip cadangan).

[6] google.com/maps: “via Jl. Lintas Sumatera”, https://bit.ly/3qrHr8j / https://archive.md/GgCWJ (arsip cadangan).

[7] google.com/maps: “Jaffna”, http://bit.ly/3v4c1Z3 / https://archive.md/9LSkv (arsip cadangan).

[8] google.com/maps: “Tugondeng”, http://bit.ly/3caiQ2H / https://archive.md/8qufs (arsip cadangan).

CATATAN

* Per artikel ini disusun, situs arsip TIDAK bisa digunakan untuk membuat arsip cadangan dengan konten video.