[SALAH] “Rela hujan2an di tengah sawah rupanya pak de mau ketemu temannya !!!”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Foto editan. Pada foto aslinya, Jokowi tengah berbicara dengan seorang petani. Foto tersebut diabadikan ketika Jokowi berkunjung ke Sumedang, Jawa Barat, 17 Maret 2016. Sementara itu, ditemukan foto serupa orang-orangan sawah dalam artikel jtlw.com berjudul “农业科技界的“滴滴打车” tayang pada 10 Januari 2018.

=======================

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/qQuXm#selection-935.0-935.69

=======================

Narasi:

“Rela hujan2an di tengah sawah rupanya pak de mau ketemu temannya !!!”

=======================

Penjelasan:

Akun Facebook Dini Afrina mengunggah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo berada di persawahan tengah berhadapan dengan orang-orangan sawah. Postingan tersebut telah mendapat18 reaksi, 4 komentar, dan 1 kali dibagikan oleh pengguna Facebook lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut adalah hasil suntingan/editan dan foto serupa juga pernah dibahas sebelumnya dalam artikel Turnbackhoax.id pada Agustus 2020.

Pada foto aslinya, Jokowi tengah berbicara dengan seorang petani. Foto tersebut diabadikan ketika Jokowi berkunjung ke Sumedang, Jawa Barat, 17 Maret 2016.

Sementara itu, foto orang-orangan sawah serupa seperti pada foto yang diunggah oleh akun Facebook Dini Afrina ditemukan dalam artikel jtlw.com berjudul “农业科技界的“滴滴打车” tayang pada 10 Januari 2018.

Dengan demikian, klaim gambar pada postingan akun Facebook Dini Afriani adalah hasil editan dan termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

=======================

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2020/08/11/salah-foto-lagi-curhat-sihh-tapi-gak-kedengaran-ngmong-apa/

https://www.beritasatu.com/nasional/355298/blusukan-ke-sawah-jokowi-temui-petani-sumedang

http://www.jtlw.com/Index/show/catid/54/id/1422.html

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian