[SALAH] Foto “Lagi Curhat Sihh, Tapi Gak Kedengaran Ngmong Apa”

Foto hasil suntingan dua foto, yakni foto saat Presiden Joko Widodo menemui petani di Sumedang dan foto orang-orangan sawah.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Facebook

http://archive.vn/NlJxP

=====

Narasi:

“Lagi Curhat Sihh.. 🤔🤔

Tapi Gak Kedengaran Ngmong Apa

Cuma Cebong Yg Tau Dia Ngmong Apa,, Makanya Wktu Pemilu Jokowi Prbolehkan Orang Gila Nyoblos.. 🤭”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Vian Riadi mengunggah foto Presiden Joko Widodo di persawahan tengah berhadapan dengan orang-orangan sawah. Unggahan itu disertai narasi berikut: “Lagi Curhat Sihh.. 🤔🤔 Tapi Gak Kedengaran Ngmong Apa Cuma Cebong Yg Tau Dia Ngmong Apa,, Makanya Wktu Pemilu Jokowi Prbolehkan Orang Gila Nyoblos.. 🤭.”

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com, diketahui bahwa foto tersebut hasil suntingan dari dua foto. Foto pertama yang digunakan ialah foto saat Presiden Joko Widodo tengah berkunjung ke Sumedang, Jawa Barat pada 17 Maret 2016. Pada foto aslinya, tampak Presiden Jokowi berbincang dengan seorang petani.

Lalu, foto orang-orangan sawah berasal dari laman jtlw.com, dengan artikel berjudul 农业科技界的“滴滴打车” yang tayang pada 10 Januari 2018. Menurut laporan liputan6.com, dalam artikel tersebut terdapat foto orang-orangan sawah yangn dijadikan ilustrasi untuk mendukung tulisan yang membahas industri pertanian dalam artikel tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan tersebut merupakan foto hasil suntingan. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1256882554644277/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4327908/cek-fakta-tidak-benar-dalam-foto-ini-jokowi-berbicara-dengan-orang-orangan-sawah

https://www.beritasatu.com/nasional/355298/blusukan-ke-sawah-jokowi-temui-petani-sumedang

http://www.jtlw.com/Index/show/catid/54/id/1422.html