[SALAH] “Akibat kecanduan Game online”

TIDAK berkaitan dengan kecanduan permainan daring (game online). Modus pelintiran daur ulang, video yang dibagikan adalah hasil suntingan menggunakan filter “Crazy Eyes”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, akun “Harmin X-one”. Sudah dibagikan 75 ribu kali per tangkapan layar dibuat. http://bit.ly/2OKhEe9 (arsip cadangan).

NARASI: “Akibat kecanduan Game online”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 kategori Mis dan Disinformasi oleh First Draft, masuk ke kategori “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu” [1]. SUMBER membagikan video hasil suntingan menggunakan filter “Crazy Eyes”.

Salah satu sumber yang berkaitan, “Effect created by ig user Sergio Peral username sergiobaaaaaaa” [2].

Salah satu contoh post Instagram yang menggunakan filter tersebut, “Chris Prince Instagram Filter on Instagram” [3].

Selain itu, modus pelintiran yang digunakan adalah modus daur ulang. Artikel sebelumnya berkaitan dengan penggunaan filter tersebut: “Video suntingan. Video tersebut dibuat dengan fitur filter instagram bernama ‘Crazy Eyes’. Iwan yang disebut di video itu juga bukan korban kecanduan game online.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] effectlist.com: “Instagram Crazy Eyes filter” https://archive.md/coDTH (arsip cadangan).

[3] Chris Prince @ instagram.com: “Chris Prince Instagram Filter on Instagram” https://bit.ly/3dltS7m / cetak PDF untuk cadangan, tidak bisa diarsip menggunakan situs arsip.

[4] turnbackhoax.id: “[SALAH] Video “Mata juling Akibat main game ular” yg lgi trending skrang, hati” Gaeeees”” http://bit.ly/2HoEr8m / https://archive.md/kGo23 (arsip cadangan).