[SALAH] Video “Berita Terbaru Hari Ini ~ Ribuan Masyarakat Papua Mengamuk Soal Rasisme Natalius Pigai !! Viral News”

Video tahun 2019 dan tidak terkait dengan kasus dugaan rasisme kepada Natalius Pigai. Video itu adalah video aksi unjuk rasa di halaman kantor gubernur Papua atas kasus rasisme di Asrama Papua Surabaya pada 19 Agustus 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Generasi Milenial (fb.com/GenerasiMilenialchanel) pada 27 Januari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“BERITA TERBARU HARI INI ~ RIBUAN MASYARAKAT PAPUA MENGAMUK SOAL RASISME NATALIUS PIGAI !! VIRAL NEWS”

Sumber : https://archive.vn/zYZNs (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video berita terbaru ribuan masyarakat Papua mengamuk soal rasisme Natalius Pigai adalah klaim yang salah.

Faktanya, video tahun 2019 dan tidak terkait dengan kasus dugaan rasisme kepada Natalius Pigai. Video itu adalah video aksi unjuk rasa di halaman kantor gubernur Papua atas kasus rasisme di Asrama Papua Surabaya pada 19 Agustus 2019.

Video yang identik, pernah diunggah di kanal Youtube Recony Squad pada 22 Agustus 2019 dengan judul “SUARA PEREMPUAN PAPUA ( AKSI DEMO DAMAI) JAYAPURA 19 AGUSTUS 2019”.

Dilansir dari Suara, ribuan warga di Kota Jayapura, Papua, Senin (19/8/2019) turun ke jalan mengecam persekusi dan rasisme kepada mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, dan Semarang. Massa bergerak dengan berkendara motor dan berjalan kaki, menuju Abepura, Kotaraja, dan hingga pukul 13.00 WP tengah melanjutkan perjalanan menuju Kantor Gubernur Papua di pusat Kota Jayapura.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/30/01/2021/produsen-hoaks-pakai-video-lawas-aksi-demo-warga-papua/
https://www.youtube.com/watch?v=058O-FzwgVc
https://www.suara.com/news/2019/08/19/123630/aksi-damai-di-jayapura-papua-anak-sd-dan-smp-berseragam-ikut-turun

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo