[SALAH] Foto Pemerintahan Biden Mengibarkan Bendera Rusia

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat Mafindo Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, foto halaman National Mall diisi sekitar 191.500 bendera yang merepresentasikan Washington D.C., 50 negara bagian, 5 wilayah teritorial Amerika Serikat (Samoa Amerika, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat), dan 56 pilar lampu.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter
https://archive.is/PFFu9

====
Narasi:
“I don’t know if the Biden administration is aware of this.
But this is the Russian flag.
No joke.”

“Saya tidak tahu apakah pemerintahan Biden mengetahui hal ini.
Tapi ini bendera Rusia.
Tidak bercanda.”

====
Penjelasan:

Akun Twitter Mr Reagan (@MrReaganUSA) mengunggah cuitan berupa foto dengan narasi yang menyebutkan bahwa pemerintahan Biden mengibarkan bendera Rusia di sebuah halaman yang luas. Unggahan tersebut telah mendapatkan atensi sebanyak 7,4 rb retweet dan 18,6 rb suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merujuk kepada “Field of Flags” di National Mall saat Gedung Capitol Amerika Serikat dipersiapkan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS terpilih Joe Biden – Kamala Haris. Diperkirakan ada sekitar 191.500 bendera pada “Field of Flags” yang merepresentasikan ribuan orang Amerika yang tidak dapat menghadiri pelantikan Biden – Harris di Washington D.C. karena COVID-19 dan pengamanan yang ketat di sekitar Gedung Capitol.

Selain itu, “Field of Flags” yang juga merepresentasikan Washington D.C., 50 negara, dan 5 wilayah teritorial Amerika Serikat (Samoa Amerika, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat) melambangkan sebuah komitmen untuk acara yang inklusif dan aman yang dapat dinikmati dari rumah sebagai bagian dari tema pelantikan “Persatuan Amerika”.

Dari berbagai fakta yang telah dijelaskan, cuitan akun Twitter @MrReaganUSA dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====
Referensi:
https://ktxs.com/news/nation-world/field-flags-national-mall

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/blue-lights-are-beamed-into-the-sky-over-the-field-of-flags-news-photo/1230662210

https://bideninaugural.org/presidential-inaugural-committee-announces-america-united-as-inaugural-theme/

https://www.npr.org/sections/inauguration-day-live-updates/2021/01/20/958726800/nearly-200-000-flags-on-national-mall-represent-those-who-cannot-attend-inaugura

https://www.voanews.com/usa/washington-high-alert-eve-biden-inauguration

Editor : Bentang Febrylian