[SALAH] “Wilalung Demak Lur Minta Doa”

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Bukan di Demak. Video banjir bandang terjadi di Kabupaten Bogor pada 1 Januari 2020. Penjaga pintu air bendungan Wilalung memastikan bendungan masih aman dan tidak terjadi banjir.

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT/KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/DSAVM

= = = = =

NARASI:

“Banjir bandang Demak Jawa timur”

Narasi Pada Video:
“wilalung demak lur minta doa”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video banjir bandang di media sosial dengan narasi “wilalung demak lur minta doa” (Wilalung Demak bro minta doanya). Dalam video tersebut terdengar masyarakat berteriak meminta pertolongan setelah air menghancurkan sejumlah bangunan.

Dari hasil penelusuran, informasi tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan video lama pada tahun 2020 yang memperlihatkan situasi banjir bandang di Jawa Barat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun Twitter resminya (@BNPB_Indonesia) menuliskan lokasi banjir bandang terjadi di Kabupaten Bogor pada tanggal 01 Januari 2020.

“Detik-detik banjir bandang di Kampung Adat Urug, Kab.Bogor, Prov Jawa Barat, yabg terjadi pada Rabu, 1 Januari 2020,” tulis keterangan dalam video yang dikeluarkan BPBD.

Dilansir dari idntimes.com pada 09 Januari 2020, Penjaga pintu pengendali banjir Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kudus, Noor Ali memastikan kondisi bendung wilalung saat ini masih terbilang aman. Lebih lanjut dirinya mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya kabar di media sosial.

“Dihimbau agar supaya masyarakat jangan mudah percaya dari medsos, karena petugas banjirlah yang lebih paham kondisi real di lapangan yang terjadi di lokasi kerjanya,” ujarnya. Hingga kini tidak ditemukan berita banjir di bendungan Wilalung di tahun 2021. Dari penelusuran di atas, video banjir bandang di Wilalung masuk kategori Konten yang Salah.

= = = = =

REFERENSI:
https://twitter.com/BNPB_Indonesia/status/1215229160626409473?s=19
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnl74jk-cek-fakta-video-banjir-bandang-di-demak-karena-bendungan-jebol-ini-faktanya
https://jateng.idntimes.com/news/jateng/oetoro-aji/hoaks-video-bendung-wilalung-di-kudus-jebol
https://bandung.kompas.com/read/2020/01/09/14280201/beredar-video-banjir-bandang-di-citatah-padalarang-bpbd-itu-hoaks

Penulis: Rizqi Abdul Azis
Editor: Bentang Febrylian