[SALAH] Gambar artikel REPUBLIKA tentang Daftar Bumbu Masak/Makanan Mengandung Babi

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Gambar tangkapan layar tersebut tidak utuh. Faktanya, pada isi artikel REPUBLIKA.co.id merupakan penjelasan daftar bumbu masak/makanan yang mencatut beberapa nama merk tersebut dinyatakan mengandung babi adalah hoax yang berulang.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/FB1as

= = = = =

NARASI:

“”DIPERINGATKAN KPD SELURUH UMAT ISLAM TDK MEMBELI ATAU MENJUAL BUMBU MASAK/MAKAN YG MENGANDUNG BABI ATAU BARANG HARAM SBGMN DAFTAR DIBAWAH INI:

1.Masako (positif mengandung babi) ;

  1. Micin sasa;positif (mengandung babi);
  2. micin ajinomoto positig (mengandung babi) ;
  3. Indomie goreng bumbunya positif”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Asepcobra memposting sebuah gambar tangkapan layar dari artikel REPUBLIKA.co.id yang berisi informasi daftar bumbu masak/makanan yang mengandung babi. Postingan tersebut diunggah pada grup Warga urang sunda pada 14 Januari 2021

Setelah ditelusuri pada artikel REPUBLIKA.co.id, tangkapan layar yang menyebutkan beberapa nama yaitu Masako, Micin sasa, Micin Ajinomoto, dan Indomie goreng bumbunya positif mengandung babi merupakan potongan dari keseluruhan artikel REPUBLIKA.co.id yang berjudul “Beredar Daftar Bumbu Makanan tak Halal Versi MUI, Benarkah?”. Dalam artikel yang dimuat pada 14 Januari 2020, Kominfo dan LPPOM MUI menyatakan informasi daftar tersebut adalah hoax.

Melansir dari turnbackhoax.id, dalam artikel yang dimuat pada 7 Desember 2020 didapatkan informasi daftar bumbu masak dan makanan yang mencatut beberapa nama merk dan dinyatakan mengandung babi merupakan hoax yang berulang dan beredar sejak tahun 2016.

Dengan demikian, gambar tangkapan layar artikel dari REPUBLIKA.co.id pada postingan tersebut tidak utuh. Artikel tersebut berisi tentang informasi daftar bumbu masak/makanan yang mencatut beberapa nama merk tersebut dinyatakan mengandung babi adalah hoax yang berulang, sehingga unggahan akun Asepcobra masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.republika.co.id/berita/qmvrtk440/benarkah-daftar-bumbu-makanan-tidak-halal-versi-mui-ini

https://turnbackhoax.id/2020/12/07/salah-bumbu-masak-dan-makanan-yang-mengandung-babi-dari-mui-pusat/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian