[SALAH] “Gedung-Gedung pencakar langit menembus awan Dubai, UEA.”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Faktanya, fenomena alam tersebut adalah kabut tebal yang terjadi 2 kali tiap tahunnya bukan awan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/WoabU

= = = = =

NARASI:

“Gedung-Gedung pencakar langit menembus awan Dubai, UEA.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Bagi Kertas berupa foto gedung pencakar langit yang diklaim menembus awan di Dubai, Uni Emirat Arab. Postingan ini disukai sebanyak 3,1 ribu kali, dikomentari 301 kali, dan disebarkan kembali 145 kali.

Setelah ditelusuri, foto tersebut diambil pada 6 Januari 2017 yang dimuat oleh newsgd.com, pada artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut adalah gedung pencakar langit yang dikelilingi oleh kabut tebal. Foto itu diambil pada jam 7 pagi ketika kabut tersebut menjadi sangat tebal dan menghilang pada jam 9 pagi, ternyata fenomena ini biasa terjadi 2 kali setiap tahunnya yang disebabkan oleh perubahan suhu. Beberapa perbedaan antara awan dan kabut adalah awan dapat terbentuk dari ketinggian yang berbeda-beda sedangkan kabut hanya bisa terbentuk pada ketinggian yang rendah dan memiliki beberapa jenis kabut seperti super fog yang merupakan kabut yang terbentuk akibat penguapan air bergabung dengan asap kebakaran sehingga membentuk kabut yang tebal dan dapat membahayakan pengendara.

Melihat dari penjelasan tersebut, gedung pencakar langit menembus awan di Dubai, Uni Emirat Arab adalah tidak benar melainkan fenomena kabut tebal yang terjadi 2 kali setahun sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

http://www.newsgd.com/pictures/2017-01/06/content_163154234.htm

http://www.ecns.cn/visual/hd/2017/01-06/115778.shtml

https://www.dailymail.co.uk/news/article-2559360/Dubai-sky-Phenomenon-happens-twice-year-transforms-Arab-state-cloud-city.html

https://www.snopes.com/fact-check/dubai-skyscrapers-poking-clouds/

https://scijinks.gov/fog/