[SALAH] Akun Whatsapp Anggota DPD RI Fahira Idris Meminta Sejumlah Dana

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi yang salah. Faktanya, Akun atau nomor Whatsapp tersebut adalah akun palsu dan bukan milik Fahira Idris serta sengaja dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

===
KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: Whatsapp

===
PENJELASAN:

Telah beredar nomor WhatsApp anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta Fahira Idris. Akun tersebut menggunakan foto profil Fahira Idris dan melakukan komunikasi kepada beberapa orang dengan menawarkan pembelian mobil dan meminta transfer uang DP.

Faktanya, akun atau nomor WhatsApp tersebut adalah akun palsu dan bukanlah milik Fahira Idris.

Fahira Idris mengklarifikasi dalam akun Twitter resminya, ia mengatakan agar masyarakat berhati-hati atas akun yang mengatasnamakan dirinya dan telah melaporkan kepada Polda Metro Jaya.

“HATI-HATI ADA NOMOR HP 081312516938 SEDANG MENGGUNAKAN FOTO SAYA, MENGGUNAKAN NAMA SAYA FAHIRA IDRIS, UNTUK MENIPU PURA2 MENAWARKAN PEMBELIAN MOBIL, DAN MINTA TRANSFER UANG DP…” tulis Fahira Idris di akun Twitter @fahiraidris, Jumat (4/12/2020).

Berdasarkan penjelasan dan referensi tersebut, akun anggota DPD RI Fahira Idris yang meminta transfer dana adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Tiruan.

===
REFERENSI:

https://akurat.co/news/id-1244635-read-penipuan-dalih-tawarkan-mobil-pelaku-pakai-nama-dan-foto-fahira-idris

https://nasional.sindonews.com/read/255450/13/hati-hati-nama-fahira-idris-dicatut-pelaku-pura-pura-tawarkan-mobil-1606997574

https://twitter.com/fahiraidris/status/1334411243558342656