[SALAH] Akun Facebook Bupati Bogor “Ade Yasin”

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Akun tersebut palsu. Akun Facebook resmi Bupati Bogor hanya ada satu akun dengan nama pengguna “Ade Munawaroh Yasin” (https://www.facebook.com/ademunawaroh.yasin).

= = = = =
KATEGORI: KONTEN TIRUAN / IMPOSTER CONTENT

= = = = =
SUMBER: FACEBOOK

https://www.facebook.com/ade.yasin.180
https://archive.vn/Y9fTv

= = = = =

NARASI:

Akun Facebook Bupati Ade Yasin.

= = = = =
PENJELASAN:

Beredar akun Facebook Bogor, Ade Yasin dengan nama pengguna “Ade Yasin” (https://www.facebook.com/ade.yasin.180) menggunakan foto profil Ade Yasin yang sedang menggunakan pakaian dinas.

Dari penelusuran diketahui akun tersebut palsu. Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, Bupati Bogor hanya memiliki satu akun asli.

“Selain akun Facebook itu dipastikan akun palsu,” kata Irwan, dalam keterangannya, dilansir dari megapolitan.okezone.com, Minggu (6/12/2020).

Sementara itu akun Facebook resmi Bupati Bogor, Ade Yasin bernama “Ade Munawaroh Yasin” (https://www.facebook.com/ademunawaroh.yasin) yang saat ini memuat foto profil sang Bupati mengenakan hijab berwarna hijau sembari memegang mikrofon dan memiliki pertemanan di Facebook sebanyak 4.864 orang. Lebih lanjut Irwan menyampaikan, agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada dengan akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Bogor.

Dari penelusuran di atas, akun Facebook mengatasnamakan “Ade Yasin” (https://www.facebook.com/ade.yasin.180) masuk kategori Konten Tiruan atau Imposter Content.
= = = = =

REFERENSI:

https://megapolitan.okezone.com/read/2020/12/06/338/2322569/waspada-akun-facebook-palsu-pakai-nama-bupati-bogor-ade-yasin
https://www.radarbogor.id/2020/12/06/beredar-akun-facebook-palsu-bupati-ade-yasin-masyarakat-diminta-waspada/