[SALAH] Video Massa FPI Menuju Jakarta Untuk Mengawal Rizieq Shihab pada 7 Desember 2020

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Klaim yang salah. Faktanya, video tersebut terkait dengan penjemputan Habib Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 10 November 2020 lalu. Lebih lanjut, video tersebut merupakan milik akun Snack Video @iatss518, yang diunggah pada bulan November 2020 dan pada unggahannya diberikan keterangan “Bandara Soekarno Hatta …Takbiiiiiiiir…..Allahu Akbar”.

===============

Kategori: Konten yang Salah

===============

Sumber: Facebook

https://archive.vn/gg1cL

===============

Narasi:

“Bala tentara Allah sudah turun dari Syurgaaah

untuk mengawal Habibana, besok 7 Desember 2020.”

===============

Penjelasan:

Akun Facebook Meinanda Azalia mengunggah sebuah gambar hasil tangkapan layar dan video. Dalam video tersebut salah seorang massa mengatakan berasal dari Kota Bandung, Cirebon dan Jawa Barat. Video berdurasi 29 detik tersebut dinarasikan sebagai aksi massa yang tengah menuju Jakarta dan akan tiba besok Senin, 7 Desember 2020. Postingan yang diunggah pada 6 Desember 2020 ini telah mendapatkan respon dari 124 warganet. Serta 103 komentar dan 69 kali dibagikan ulang oleh pengguna Facebook lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim video tersebut adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut terkait dengan penjemputan Habib Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 10 November 2020 lalu. Lebih lanjut, video tersebut merupakan milik akun Snack Video @iatss518, yang diunggah pada bulan November 2020 dan pada unggahannya diberikan keterangan “Bandara Soekarno Hatta …Takbiiiiiiiir…..Allahu Akbar”.

Dilansir dari liputan6.com, ribuan massa simpatisan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut mulai memadati kawasan Bandara International Soekarno- Hatta, Cengkareng. Massa yang hendak menyambut kedatangan pemimpinannya itu sudah berada di kawasan bandara sejak Senin 9 November 2020 malam. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa terkonsentrasi di sejumlah titik sekitar Bandara Soetta, yakni di depan pintu M1, di parimeter, dan di jalan raya kawasan bandara. Massa terlihat berjalan kaki atau long march dari arah Perimeter Utara, Rawa Bokor dan sekitarnya, lalu masuk ke dalam jalan raya Bandara Internasional Soekarno Hatta, ingin menuju terminal 3.

Adapun Senin, 7 Desember adalah jadwal pemeriksaan ulang Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya. Dilansir dari medcom.id Rizieq Shihab dan menantunya Muhammad Hanif Alatas tidak memenuhi panggilan pemeriksaan pada Selasa, 1 Desember 2020. Rizieq absen karena sakit, sedangkan Hanif mengikuti agenda lain.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya kembali melayangkan panggilan kedua untuk Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas tekait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, klaim video massa FPI menuju Jakarta untuk mengawal Rizieq Shihab pada 7 Desember 2020 adalah tidak benar karena tidak sesuai fakta dan termasuk dalam kategori konten yang salah.

===============

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/DkqlVo4b-cek-fakta-video-massa-fpi-dari-daerah-menuju-jakarta-kawal-rizieq-shihab-besok-ini-faktanya

http://sck.io/p/NNd56bDn

https://www.liputan6.com/news/read/4404329/sambut-kepulangan-rizieq-shihab-ribuan-massa-mulai-padati-bandara-soetta

https://news.detik.com/berita/d-5278406/polda-metro-jadwal-ulang-pemeriksaan-habib-rizieq-senin-7-desember

https://megapolitan.okezone.com/read/2020/12/02/338/2320552/polda-metro-jadwalkan-pemeriksaan-terhadap-habib-rizieq-pada-senin-7-desember