[SALAH] “Pak De Donal Trump keleru nih, yang meninggal itu Maradona bukan Madonna”

Gambar editan / suntingan. Sejak Maradona meninggal pada 26 November 2020 hingga saat ini, Donald Trump tidak mengucapkan duka cita atas legenda sepak bola Argentina tersebut di Twitter.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Johandi (fb.com/johandi.tsv) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Waduh, Pak De Donal Trump keleru nih, yang meninggal itu Maradona bukan Madonna”

Dalam gambar tangkapan layar cuitan yang diklaim berasal dari Trump pada 26 November 2020 terdapat narasi sebagai berikut: “Very sad to hear about the death of Maradona. A great person. Her music was wonderful. I remember listening to her albums in the early 1980’s. Rest In Peace!”

Sumber : https://archive.md/RWgnW (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, klaim bahwa Donald Trump keliru menulis tweet terkait kematian Maradona adalah klaim yang keliru.

Fakta, Sejak Maradona meninggal pada 26 November 2020 hingga saat ini, Donald Trump tidak mengucapkan duka cita atas legenda sepak bola Argentina tersebut di Twitter. Gambar tweet yang beredar dalah gambar editan atau suntingan.

Dilansir dari Tempo.co, untuk memverifikasi gambar tangkapan layar tersebut, Tim CekFakta Tempo menelusuri cuitan Donald Trump di akun Twitter resminya, @realDonaldTrump, pada 25-27 November 2020 dengan Account Analysis dan Twitter Advanced Search.

Namun, tidak ditemukan cuitan Trump yang berisi ucapan belasungkawa atas meninggalnya Maradona tersebut. Cuitan Trump lebih didominasi dengan cuitan soal politik, terutama setelah kalah dari Joe Biden dalam Pemilihan Presiden AS 2020.

Tempo kemudian menggunakan Politwoops untuk mengecek cuitan Trump di Twitter yang telah dihapus pada rentang waktu yang sama. Namun, Tempo juga tidak menemukan cuitan yang berisi ucapan duka cita atas meninggalnya Maradona tersebut yang telah dihapus oleh Trump.

Tempo pun membandingkan tampilan cuitan dalam gambar tangkapan layar tersebut dengan tampilan cuitan yang asli di Twitter, dan ditemukan kejanggalan lain dalam gambar tangkapan layar itu. Dalam gambar tangkapan layar tersebut, terdapat bagian kosong yang cukup lebar di antara cuitan dengan jumlah komentar, retweet, serta like. Dalam tampilan di Twitter, jarak antara cuitan dengan jumlah komentar, retweet, serta like tidak selebar itu. Dalam gambar tangkapan layar tersebut, cuitan juga terletak di bawah foto profil. Dalam tampilan di Twitter, cuitan berada di sisi kanan foto profil.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1122/keliru-ucapan-belasungkawa-trump-di-twitter-atas-meninggalnya-diego-maradona
https://politwoops.eu/p/republican/realDonaldTrump
https://twitter.com/realdonaldtrump

About Adi Syafitrah 1378 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo