[SALAH] Hasil Survei Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar oleh KPU Makassar

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Pihak KPU Makassar menegaskan bahwa KPU Makassar bukan merupakan lembaga survei dan tidak pernah melakukan survei elektabilitas.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/lDK56

= = = = =

NARASI:

“Tancap gas poool,IMUN MENYUSUL,yg tadix 7,2/ ,kini berbanding terbalik ,DUMBA DUMBA GLETER MI .ADAMA TETEP AMAN,SISA MENUNGGU DETIK DETIK PENCOBLOSAN,INZA ALLAH DANI FATMA YG MENJADI JAWARA.”

NARASI DALAM GAMBAR:

“KPU KOTA MAKASSAR
HASIL SURVEI SETELAH DEBAT PUBLIK KE DUA
HASIL SURVEI MURNI DARI MASYARAKAT KOTA MAKASSAR
Hasil survei mencakup 15 kecamatan yang ada di kota Makassar terdiri atas 153 kelurahan”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Anwar Nurdin mengunggah hasil survei elektabilitas calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Dalam hasil survei yang disebarkan tersebut, terdapat keterangan yang menyatakan bahwa hasil survei dilakukan setelah debat publik kedua dilaksanakan dan melibatkan warga dari 15 kecamatan di Kota Makassar. Pada hasil survei tersebut juga terdapat logo KPU serta nama KPU Makassar.

Pihak KPU Makassar melalui akun Instagram resmi kpu_makassar menegaskan bahwa KPU Makassar bukan merupakan lembaga survei dan tidak pernah melakukan survei elektabilitas. Melansir dari Kompas.com, Komisioner KPU Makassar, Endang Sari, menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah merilis hasil survei kandidat pilkada. Selain itu, setiap pamflet resmi KPU Makassar dirilis secara satu pintu, yakni akan diunggah terlebih dulu ke akun media sosial resmi sebelum dibagikan untuk umum.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh pengguna Facebook Anwar Nurdin tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CIKUU4fJ8br/
https://makassar.kompas.com/read/2020/11/30/09035761/hasil-survei-yang-catut-kpu-makassar-dipastikan-hoaks
https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/ashrawi-muin/beredar-hoaks-hasil-survei-paslon-pilkada-makassar-ini-penjelasan-kpu

#CekFaktaPilkadaMafindo