[SALAH] Video Kerumunan Massa di Pemakaman Diego Maradona

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, video kerumunan massa tersebut merupakan video kampanye politik Mauricio Macri di Buenos Aires, Argentina pada Oktober 2019, bukan pemakaman Diego Maradona.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Postingan Facebook Vega Entertainment
https://archive.is/DI908

=====

Narasi:
“Diego Maradona’s funeral procession today.”

Terjemahan:
“Proses pemakaman Diego Maradona hari ini.”

=====

Penjelasan:
Akun FB Vega Entertainment mengunggah foto kerumunan massa dan menyebarluaskan narasi bahwa foto tersebut menggambarkan proses pemakaman Diego Maradona. Unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 92 kali. Selain itu, terdapat 207 orang yang telah menyukai, diikuti dengan 18 orang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan lebih lanjut, foto yang serupa dengan video yang diunggah Vega Entertainment tersebut pernah diunggah oleh Mauricio Macri di akun Twitter pribadinya pada 29 Oktober 2019. Klaim ini didukung oleh salah satu pendukung Macri, melalui akun Twitter @ElCensor3 yang mengunggah video serupa dengan narasi yang menjelaskan bahwa video tersebut merupakan “pertemuan politik terbesar sejak Alfonsin pada tahun 1983”.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs The Quint dengan judul artikel “Video from 2019 Passed Off as Football Legend Maradona’s Funeral” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh Vega Entertainment tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah, sebab akun tersebut telah memberikan narasi yang salah terhadap video kampanye politik di Argentina tahun 2019.

=====

REFERENSI:
https://twitter.com/mauriciomacri/status/1185655171398934528
https://twitter.com/ElCensor3/status/1185739414472974336
https://www.thequint.com/news/webqoof/video-from-2019-passed-off-as-football-legend-maradona-funeral#read-more