[SALAH] “Pesan Bupati Situbondo Sebelum Beliau Wafat”

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi tidak sesuai fakta. Bukan video Bupati Situbondo. Pemkab Situbondo melalui akun Instagram resminya mengatakan video tersebut hoaks. Bupati Situbondo tidak dirawat di RS Dr Oen seperti halnya klaim yang terdapat pada video, melainkan di RS Aboeder Rahem.

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/QC9mV

= = = = =

NARASI:

“Pesan Bupati Situbondo sebelum beliau wafat”.

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Guru Bagus Diatmika mengunggah status pada tanggal 27 November 2020 berupa video yang diklaim sebagai Bupati Situbondo sebelum meninggal. Dalam isi video diperlihatkan seorang pria yang tengah dalam perawatan memberi pesan agar tetap berhati-hati dan tidak menyepelekan Covid-19.

Menanggapi video yang beredar tersebut, Pemkab Situbondo menyatakan bahwa video tersebut adalah hoaks dan bukan Bupati Situbondo, Danang Wigiarto.

“Telah beredar video dan caption yang menyatakan bahwa kabar diatas adalah Alm. Bapak Bupati Situbondo. Namun kami, Selaku Pemerintah Kabupaten Situbondo menyatakan bahwa info yang telah beredar bukan Alm. Bapak Bupati”. Tulis akun Instagram resmi Pemkab Situbondo (@situbondokab) pada 27 November 2020.

Jika dibandingakan, orang dalam video dan Bupati Situbondo terlihat berbeda dari raut wajahnya. Berikut adalah transkip video dari pria yang diklaim sebagai Bupati Situbondo tersebut:

“Gaes, jaga kesehatan. jangan disepelekan tapi juga jgn takut. ingat, covid-19 itu ada. aku wes 3 hari isolasi di RS Dr oen. jangan disepelskan. cuci tangan pakai masker, rasane ora enak blas. sesek demam. yah/ tetap semangat jaga kesehatan semuanya. god bless you all”.

Pada narasi di atas, pria tersebut mengatakan tengah menjalani perawatan di RS Dr Oen Solo, namun faktanya Bupati Situbondo Danang Wigiarto dirawat di RSD dr Aboeder Rahem, Situbondo, Jawa Timur dan menghembuskan nafas terakhirnya di sana. Lebih lanjut Pemkab Situbondo mengimbau masyarakat harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap info hoaks yang beredar.

Sementara itu beberapa hasil penelusuran menyebutkan bahwa pria dalam video tersebut bernama Daniel yang merupakan salah satu pasien dari RS Dr Oen Solo yang mengidap Covid-19. Daniel meninggal beberapa waktu lalu dan video dibuat sebelum dirinya meninggal.

“Info sebenarnya soal vidio ini adalah pesan2 dari Daniel seorang MC di kota Solo yg meninggal di RS Dr Oen Solo karena Covid-19 beberapa waktu yg lalu, vidio di buat sebelum saudara Daniel meninggal dunia”. Tulis akun Instagram @cetul22 dan situs askara.co pada 27 November 2020. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk Konten yang Menyesatkan.
= = = = =

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CIFNLmMJuTR/?utm_source=ig_web_copy_link
https://kabar24.bisnis.com/read/20201127/621/1323376/cek-fakta-beredar-video-bupati-situbondo-pakai-oksigen-sebelum-meninggal-karena-covid
https://www.instagram.com/p/CID8w6ODk23/?utm_source=ig_web_copy_link
https://youtu.be/Xqt9FAQqQFU
https://www.askara.co/read/2020/11/27/11839/video-pesan-tentang-covid-19-disebut-bukan-dari-bupati-situbondo-yang-meninggal