[SALAH] Video Serangan Udara yang Dilakukan Tentara India di POK (Pakistan Occupied Kashmir)

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, video serangan udara tersebut merupakan cuplikan video game Arma 2, bukan video serangan udara yang terjadi di POK pada 19 November 2020.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Postingan Twitter @CHAUDHARY1030
https://archive.fo/VrA9V

=====

Narasi:
“Big Breaking News: One more air strike by @IAF_MCC in the POK, many terrorist and their training camps demolished by Indian air force. Many terrorists also killed in this air strike.”

Terjemahan:
“Berita besar: satu lagi serangan udara oleh @IAF_MCC (Angkatan Udara India) di POK, banyak teroris dan kamp pelatihan mereka kandas oleh AU India. Banyak teroris yang juga terbunuh dalam serangan udara ini”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @CHAUDHARY1030 (Deepak Chaudhary), menulis cuitan yang diunggah pada 19 November 2020. Cuitan tersebut menyebarluaskan informasi bahwa tautan video yang dilampirkan dalam cuitan tersebut merupakan serangan udara angkatan darat India di POK. Cuitan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 2 kali. Selain itu, terdapat 11 orang yang telah menyukai, diikuti dengan 6 orang memberikan komentar

Berdasarkan hasil penelurusan lebih lanjut, video ini pernah diunggah pada akun YouTube Double Doppler pada tahun 2015, yang diikuti dengan narasi bahwa video tersebut merupakan video game Arma 2. Tertulis di bagian narasi bahwa video tersebut hanyalah video simulasi dan tidak terjadi di kehidupan nyata. Klaim serupa juga dimuat dalam portal berita The Times of India yang berjudul “FAKE ALERT: Gaming video viral as ‘IAF airstrikes in POK’”.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs The Logical Indian dengan judul artikel “Fact Check: No, The Viral Video is Not of The Airstrike Done by Indian Army in POK” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh @CHAUDHARY1030 tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah, sebab akun tersebut telah memberikan narasi yang salah terhadap cuplikan video game Arma 2.

=====

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=E7CnMEhF54o&feature=emb_title
https://timesofindia.indiatimes.com/times-fact-check/news/fake-alert-gaming-video-viral-as-iaf-airstrikes-in-pok/articleshow/79324161.cms
https://thelogicalindian.com/fact-check/airstrike-by-indian-army-24985