[SALAH] Putin Melarang Pernikahan Beda Agama untuk Para Lelaki di Rusia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, larangan menikah beda agama tidak datang dari Putin dan pemerintah Rusia, melainkan dari ormas Muslim di Rusia.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN / MISLEADING CONTENT

=====

Sumber: Postingan Facebook The Innocent Politician
https://archive.fo/S2NuP

=====

Narasi:
“A muslim man cannot marry non-muslim woman in Russia. Ordered by President Vladimir Putin.”

Terjemahan:
“Lelaki Muslim tidak bisa menikahi wanita non-Muslim di Rusia. Diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin.”

=====

Penjelasan:
Akun FB The Innocent Politician menulis mengunggah foto Vladimir Putin yang diikuti dengan narasi bahwa Putin mengeluarkan larangan bagi lelaki Muslim untuk menikahi wanita non-Muslim. Unggahan tersebut telah disebar ulang sebanyak 163 kali. Selain itu, terdapat 1.762 orang menyukai dan 36 orang yang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran lebih lanjut, adanya wacana untuk melarang pernikahan berbeda agama bagi lelaki Muslim di Rusia dicetuskan oleh organisasi bernama Spiritual Administration of Muslims of Russia (DUM). Klaim ini dijelaskan dalam situs resmi RadioFreeEurope yang berjudul “Russian Muslim Clerics Spark Controversy by Banning Interfaith Marriages”.

Selain itu, dilansir dari website resmi pemerintah Rusia, tidak ada informasi yang terlampir di website tersebut yang menjelaskan bahwa Rusia secara resmi mengelurkan peraturan tersebut dan tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah Rusia.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs Factly dengan judul artikel “Russian Government did not ban Muslim men from marrying non-Muslim women” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh The Innocent Politician tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan, sebab akun tersebut telah memberikan informasi yang keliru mengenai pelarangan pernikahan beda agama oleh pemerintah Rusia.

=====

REFERENSI:
https://www.rferl.org/a/russian-muslim-clerics-ban-interfaith-marriages-sparking-controversy/30943024.html
http://government.ru/en/docs/
https://factly.in/russia-did-not-ban-muslim-men-from-marrying-other-religious-women/