[SALAH] Angkut 100 Prajurit TNI, Pesawat Hercules Jatuh di Papua

Hasil periksa fakta Ayang Setiawan (Universitas Suryakencana).

Informasi salah. Faktanya, foto bangkai pesawat tersebut merupakan kecelakaan pesawat pada tahun 2016 lalu yang terjadi di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

= = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = =

SUMBER: Whatsapp

= = = =

NARASI:
“ Innaliahi wainnailaihi rojiun.NKRI berdukaBaru saja pesawat Hercules milik TNI yang membawa 100 anggota prajurit TNI menuju Papua jatuh di wilayah Papua pada tanggal 09-11-2020 pukul 09:00, anggota yg meninggal hingga kini baru diketahui 10 orang dan korban luka parah baru 4 orang yang diantaranya.
Korban terluka:
1. Letda Rizqul Khoiri
2. Letda husain ilham
3. Letda peratu randi
4. Serda adi prayoga
Semoga korban yang meninggal yang hendak berjuang meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan di tempatkan disyurganya allah tanpa hisab, serta korban yg selamat semoga mereka diberikan kekuatan serta kesabaran dalam menghadapi semuanya amiin ya rabbal alamiin.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai di grup Whatsapp yang menyebutkan telah terjadi kecelakaan pesawat hercules yang membawa 100 prajurit TNI di wilayah Papua pada tanggal 09 November 2020, serta merinci jumlah korban luka dan meninggal.

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto bangkai pesawat tersebut merupakan kecelakaan pesawat pada tahun 2016 lalu yang terjadi di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Dilansir dari detik.com dan lenteratoday.com, Informasi kecelakaan pesawat ternyata adalah kabar bohong (hoax). Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan semua pesawat dalam kondisi aman. Mayjen Achmad Riad mengatakan foto-foto yang beredar merupakan peristiwa kecelakaan pada 2016.

“Selamat siang rekan rekan, terkait info tersebut adalah tidak benar. Saya sudah cross check dengan Asintel Kasau jawabannya ‘Semua pesawat aman’. Gambar tersebut menunjukkan nomor lambung sama dengan kejadian kecelakaan tahun 2016. Terima kasih,” ungkap Mayjen Achmad Riad.

Hal senada disampaikan Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma Budhi Achmadi. Dia mengatakan tak ada kecelakaan pesawat dan gambar yang beredar merupakan foto lama.

“Hoax (ada kecelakaan pesawat). Foto-foto semua tidak betul. Iya foto-foto lama,” katanya.

Dengan demikian, informasi yang menyebutkan bahwa pesawat hercules membawa 100 prajurit TNI dan terjatuh di wilayah Papua adalah salah dan merupakan konten yang salah.

= = = =

REFERENSI:
https://lenteratoday.com/hoax-hercules-tni-au-bawa-100-prajurit-jatuh-di-papua/
https://news.detik.com/berita/d-5247764/beredar-kabar-hercules-jatuh-di-papua-tni-hoax-itu-2016
https://www.facebook.com/DivHumasPolri/photos/a.658387904190069/4123422777686547/?type=3&_rdc=2&_rdr