[SALAH] Tragedi Putus Cinta Berujung Maut di Palangkaraya

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi tempat kejadian tidak sesuai. Faktanya Kapolsek Pahandut Kompol Edia Sutaata, menegaskan bahwa di Jalan Sulawesi, Palangkaraya tidak ada warga yang gantung diri. Nyatanya kejadian sebenarnya terjadi di Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Selengkapnya terdapat di PENJELASAN!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook

= = = = =

NARASI:

Tragis Putus Cinta berujung maut, kejadian hari ini Rabu, 4 Nopember 2020, berlokasi di jalan Sulawesi .Palangkaraya Kalimantan Tengah

= = = = =

PENJELASAN:

Melalui laman media sosial Facebook pemilik akun Berita Seputar Kalimantan Tengah membagikan postingan diberi tajuk “Tragis Putus Cinta berujung maut, kejadian hari ini Rabu, 4 Nopember 2020, berlokasi di jalan Sulawesi .Palangkaraya Kalimantan Tengah”, disertai lampiran foto seseorang yang tergantung dengan seutas tali beserta secarik kertas.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui peristiwa tersebut terjadi di Kabupaten Toraja, Provinsi Sualwesi Selatan. Kapolsek Pahandut Kompol Edia Sutaata, menegaskan melalui akun Instagram resmi humaspoldakalteng.

“Itu Hoax, sudah saya cek tidak ada warga yang gantung diri,” jelas Kapolsek pada Rabu (4/11/20).

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, menyayangkan akan postingan hoax tersebut dan menegaskan jika admin dari grup telah dipanggil guna diberikan pembinaan dan surat pernyataan agar tidak mengulangnya lagi.

Berdasarkan seluruh referensi yang ada postingan mengenai tragis putus cinta berujung maut termasuk hoaks dengan kategori false context.

= = = = =

REFERENSI:
https://balanganews.com/palangkaraya/berita-22102/sebar-berita-hoax-admin-grup-facebook-dipanggil-polisi/
https://kaltengtoday.com/viral-gadis-gantung-diri-di-jalan-kalimantan-palangka-raya-ternyata-hoax/
https://www.instagram.com/p/CHKkV6ypQPX/