[SALAH] Bahaya Menyebarkan Ucapan Selamat Dengan Gambar dan Video

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Pesan berantai palsu. Faktanya, klaim ini juga beredar di India dan tidak ada kasus pembobolan data pribadi akibat mengirim dan menerima pesan ucapan selamat dengan gambar dan video.Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp dan Postingan Facebook
https://archive.vn/2sHXK

====

Narasi:

“Teman-teman terkasih, mohon hapus semua foto dan video selamat datang dalam format Selamat Pagi dan sejenisnya. Baca artikel di bawah ini sampai akhir, yang akan jelas mengapa saya bertanya tentang itu. Mulai sekarang saya hanya akan mengirim salam yang disiapkan secara pribadi.

Baca semuanya !!! Kirim pesan ini secepatnya kepada sebanyak mungkin teman untuk menghentikan invasi.”

Narasi selengkapnya di bagian setelah referensi.

===

Penjelasan:

Beredar pesan berantai yang berisi klaim tentang bahaya menyebarkan ulang ucapan selamat dalam bentuk gambar dan video karena dapat mengambil data pribadi dan data perbankan yang beredar di aplikasi WhatsApp. Klaim itu juga menyatakan bahwa ada 500.000 korban telah ditipu.

Penelusuran dilakukan dengan mesin pencari Google dengan kata kunci “good morning messages private banking information” dan ditemukan artikel dari situs thelocalindia.com yang dimuat pada 21 Juli 2020 dengan judul “Fact Check: Does Sending Good Morning Messages Expose One’s Private Banking Information?”.

Dalam artikel tersebut menunjukkan bahwa di India, pesan berantai berisi tentang bahaya menyebarkan ulang ucapan selamat dalam bentuk gambar dan video juga viral. Artikel tersebut juga menerangkan bahwa tidak ada peringatan resmi mengenai ancaman ini dari tim Tanggap Darurat Komputer India atau CERT-In. CERT-In berada di bawah naungan Kementerian Teknologi Informasi yang bertugas untuk melindungi orang India dari ancaman dunia maya. Di laman resmi Kementerian Teknologi Informasi India, tidak ada menunjukkan adanya korban dalam kasus ini.

Penelusuran berikutnya merujuk pada situs detikcom dengan judul “Hoax! Ancaman Ucapan Selamat .gif di WhatsApp” yang ditulis oleh Alfons Tanujaya, ahli keamanan cyber dari Vaksincom.

“Ucapan selamat dalam bentuk multimedia atau .gif secara teknis tidak mungkin bisa mengeksekusi malware atau pencurian data. Walaupun memerlukan kemampuan teknis yang sangat tinggi, secara teknis gambar .gif, .jpg atau video bisa saja digunakan untuk mengeksploitasi program lain yang melakukan pencurian data. Namun hal ini belum pernah terjadi dalam ucapan .gif yang dikirimkan melalui WA sampai saat artikel ini dibuat sehingga broadcast ancaman .gif ucapan selamat dapat dikategorikan hoax.” tulis Alfons Tanujaya di laman Detik yang dimuat tanggal 17 Januari 2018.

Informasi dengan topik serupa pernah dibahas Turn Back Hoax dengan judul “[HOAX] BAHAYA MEMBERI UCAPAN SELAMAT DENGAN .GIF DI WHATSAPP” pada 18 Januari 2018.Dengan demikian, pesan berantai yang berisi klaim tentang bahaya menyebarkan ucapan selamat dengan gambar dan video adalah palsu dan masuk dalam kategori konten palsu.

===

Referensi:

https://thelogicalindian.com/…/hackers-china-phishing…

https://www.liputan6.com/…/cek-fakta-hoaks-bahaya…

https://inet.detik.com/…/hoax-ancaman-ucapan-selamat…

https://turnbackhoax.id/…/hoax-bahaya-memberi-ucapan…/

====

Lanjutan narasi:

“Pengacara Olga Nikolaevna: Perhatian:

PERHATIAN

Bagi mereka yang suka mengirim gambar Selamat Pagi! Selamat siang! Selamat malam!Jangan mengirim pesan “baik” ini.Hari ini, Shanghai China International News mengirim SOS ke semua pelanggan (ini adalah pengingat ketiga) yang direkomendasikan para ahli: tolong jangan mengirim selamat pagi, selamat malam, gambar dan video, dll.

Laporan menunjukkan bahwa peretas di China merancang gambar, videonya sangat indah untuk menyembunyikan kode phishing di dalamnya, ketika semua orang mengirim pesan ini, peretas menggunakan perangkat Anda untuk mencuri informasi pribadi, seperti informasi kartu bank dan data untuk membobol telepon.

Telah dilaporkan bahwa lebih dari 500.000 korban penipuan telah ditipu.

Jika Anda ingin menyapa orang lain, tulis pesan Anda sendiri untuk melindungi diri sendiri dan keluarga serta teman Anda.

Penting! Hapus semua pesan ucapan dan gambar yang Anda miliki di ponsel untuk keamanan Anda sendiri. Jika seseorang mengirimi Anda gambar seperti itu, segera keluarkan dari perangkat. Kode berbahaya membutuhkan waktu untuk diterapkan, jadi jika Anda segera bertindak, tidak akan ada kerusakan.

Beri tahu semua teman Anda tentang ini untuk mencegah peretasan.

Sapa orang lain dengan menulis kata-kata Anda sendiri, dan kirimkan hanya gambar yang Anda buat. Materi yang Anda buat sendiri benar-benar aman. Tolong pahami saya dengan benar! Semua memiliki kartu kredit yang terpasang ke telepon mereka. Setiap orang memiliki banyak kontak di ponselnya. Anda akan menciptakan ancaman tidak hanya untuk diri sendiri bahkan untuk orang laen…salam sukses”