[SALAH] Pesan Singkat Undian Hadiah PT Pertamina

Hasil periksa fakta Ayang Setiawan (Universitas Suryakancana).

Pesan singkat mengatasnamakan PT Pertamina bahwa penerima pesan mendapat hadiah adalah hoaks. Pihak Pertamina telah memberikan pernyataan terhadap kabar tersebut melalui press releasenya pada tanggal 25 Februari 2020 di laman resmi PT Pertamina.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

====

SUMBER: Pesan Singkat SMS

====

NARASI:
“PT.PERTAMINA PERSERO YTH selamat anda Terpilih mendapatkn HADIAH dgn kode ID PIN anda (385ua27)U/Info Cek langsung di: http://www[dot]undian-pertamina44[dot]cf/m=1”

====

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai melalui SMS mengatasnamakan PT PERTAMINA dengan klaim penerima pesan berhasil mendapat hadiah dengan menyertakan ‘ID PIN’ dan sebuah tautan.Bantahan terkait pesan yang mengatasnamakan PT Pertamina yang akan memberikan hadiah kepada penerima SMS sudah di periksa faktanya oleh Mafindo, “[SALAH] Pesan Berantai Undian Berhadiah PT Pertamina” yang tayang pada 4 Oktober 2020.

Dilansir dari laman pertamina.com, Vice President Corporate Communicaton Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan bahwa seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun media sosial Instagram dan Twitter (@pertamina) serta aplikasi resmi MyPertamina.

“Bagi masyarakat yang mendapat pesan pribadi bahwa memenangkan undian tertentu dari Pertamina, baik melalui SMS atau Whatsapp maupun email, agar segera menghubungi Call Center 135 untuk memastikan kebenaran tersebut.” ujar Fajriyah.

“Jika ada program promosi atau undian berhadiah yang disampaikan secara tertutup, maka dipastikan itu penipuan dan hoaks atau berita bohong, bukan dari Pertamina. Segera hubungi Call Center 135, jangan sampai menjadi korban dari modus penipuan” pungkas Fajriyah.

Dengan demikian, klaim bahwa PT Pertamina membagikan hadiah lewat pesan singkat SMS adalah hoaks dan merupakan konten palsu.

=====

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4388991/cek-fakta-hoaks-undian-berhadiah-catut-nama-pertamina
https://turnbackhoax.id/2020/10/04/salah-pesan-berantai-undian-berhadiah-pt-pertamina/
https://www.pertamina.com/id/news-room/news-release/pertamina-imbau-masyarakat-waspada-penipuan-undian-hoaks