[SALAH] “Erdogan Sindir Indonesia”

Hasil periksa fakta Ayang Setiawan (Universitas Suryakancana).

Tidak ada sumber resmi maupun media yang menerbitkan pernyataan Erdogan yang menyindir terkait keadaan umat Islam yang ada di Indonesia dan gambar tersebut merupakan hasil suntingan/editan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

= = = = =

KATEGORI: Konten Manipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/Pi1QY

= = = = =

NARASI:
“ERDOGAN SINDIR INDONESIAAneh muslim di Indonesia, muslim yang paling bodoh, mudah di pengaruhi orang-orang yang mencari manfaat, itu tandanya muslim keturunan bukan muslim yg punya ilmu”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Bukari Muslim mengunggah sebuah foto dengan narasi “ERDOGAN SINDIR INDONESIA. Aneh muslim di Indonesia, muslim yang paling bodoh, mudah di pengaruhi orang-orang yang mencari manfaat, itu tandanya muslim keturunan bukan muslim yg punya ilmu”. Unggahan tersebut di posting pada 21 Oktober 2020.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyindir Indonesia adalah salah. Tidak ada sumber resmi dari media arus utama tentang pernyataan Erdogan terkait hal itu.

Melalui reverse image, foto identik pernah dimuat Sindonews.com pada Jumat 21 Juli 2017 dengan judul artikel “Telepon Presiden Israel, Erdogan Sebut Muslim Harusnya Bebas Masuki Al-Aqsa”.

Pada artikel tersebut, Presiden Turki Tayyip Erdogan dilaporkan telah melakukan komunikasi melalui telepon dengan Presiden Israel Reuven Rivlin untuk membahas situasi terkini di komplek al-Aqsa. Situasi di komplek al-Aqsa meningkat drastis dalam beberapa hari terakhir akibat keputusan pemerintah Israel menutup komplek itu pada pekan lalu.

Dengan demikian, foto Recep Tayyip Erdogan menyindir Indonesia adalah salah dan merupakan konten manipulasi.

= = = = =

REFERENSI:
https://international.sindonews.com/berita/1222712/43/telepon-presiden-israel-erdogan-sebut-muslim-harusnya-bebas-masuki-al-aqsa
https://www.independent.co.uk/news/world/europe/turkey-president-recep-tayyip-erdogan-cites-hitler-germany-example-effective-government-a6792756.html