[SALAH] Tulisan Ustadz Abdul Somad “BACALAH SEBELUM TERLAMBAT”

Hasil periksa fakta Erviana Hasan (Universitas Halu Oleo)

Faktanya, Bukan tulisan Ustadz Abdul Somad. Hal tersebut sudah diklarifikasi melalui akun Instagram resmi @ustadzabdulsomad_official.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

= = = = =

[KATEGORI]:

KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]:

MEDIA SOSIAL FACEBOOK
https://archive.vn/XkM7i

= = = = =

[NARASI]:
“malam nanti jam 3.25 bulan akan mengelilingi Ka’bah dan langit akan berwarna biru muda, inilah sa’at penerima’an doa,taubat,munajat,ini *terjadi setiap 100 ribu tahun sekali, *Hari ini di malam hari siapapun yang berdo’a akan diterima. Bulan akan melakukan Tawaaf di sekitar Ka’bah. Tolong sampaikan ini kepada semua orang. *Rabbi minkulli zambi wa’atubu illiahi.., jika kamu mengirim doa ini ke temanmu, Allah akan menyelesaikan semua masalahmu. Yg bilang aamiin semoga besok diberi rezeki yg melimpah aamiin. Tolong kirimkan ini ke Setiap 5 grup dekat kalian sehingga mereka bisa mengetahui .. .. semoga bermanfaat Aamiin”

= = = = =

[PENJELASAN]:

Melalui laman media sosial Facebook Grup Pejuang Agama Islam, pemilik akun Wage Supratman Wage membagikan sebuah kiriman yang menyertakan tangkapan layar akun Facebook Ustadz Abdul Somad Lc MA yang memposting tulisan dengan judul “BACALAH SEBELUM TERLAMBAT..!!”.

Setelah dilakukan penelusuran akun pada unggahan tersebut diketahui merupakan akun yang mengatasnamakan Ustadz Abdul Somad. Melalui tulisan di akun Instagramnya UAS pun mengungkapkan Facebook dan Instagram resmi Ustadz Abdul Somad hanya ; Instagram : @ustadzabdulsomad_official ; Facebook : Ustadzabdulsomadofficialfanpage.

Berdasarkan pada seluruh referensi yang ada, klaim tangkapan layar akun Facebook Ustadz Abdul Somad itu termasuk hoaks dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1244914-namanya-dicatut-uas-jangan-share-dosa-jariyah

https://hot.detik.com/celeb/d-4780784/jadi-korban-hoax-ustaz-abdul-somad-ingatkan-dosa-jariyah

https://riaumandiri.haluan.co/read/detail/76944/akun-fbnya-dicatut-ustaz-abdul-somad-ingatkan-dosa-jariyah