[SALAH] Cawabup OKU Timur Menawarkan Kredit Mobil Melalui Whatsapp

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, Cawabup Kabupaten OKU Timur M. Adi Nugraha Purna Yudha membantah menawarkan lelang, jual-beli, mau pun kredit mobil melalui Whatsapp.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]: WHATSAPP

= = = = =

[NARASI]:
Pembeli: Ini mas Yudha kan?
Penipu: Sudah jelas
Pembeli: Cawabup
Pembeli: Iya, foto DP nya gk ada soalnya
Pembeli: Saya minat Fortuner untuk operasional
Penipu: siap… kalau minat nyo serius. Langkah awal kito buat permohonan pengajuan yang dibutuhkan. KTP, KK, NPWP, untuk landasan STNK dan BPKB atas nama siapa kendaraannya… Langsung saja data diri ktp kk npwp di foto kirim ke WA ini agar kita buat pengajuannya.
Pembeli: Oke siap, tapi saya belum punya npwp
Penipu: ktp dank k sudah cukup untuk pengajuan
Pembeli: Di tunggu biodata diri nya

= = = = =

[PENJELASAN]:
Sebuah percakapan via Whatsapp Calon Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur M. Adi Nugraha Purna Yudha yang menawarkan kredit mobil beredar di media sosial. Dalam percakapan itu Yudha meminta calon pembelinya untuk mengirimkan KTP, KK dan NPWP ke nomor tersebut untuk dibuat surat permohonan pengajuan kredit.

Setelah ditelusuri, Cawabup Kabupaten OKU Timur M. Adi Nugraha Purna Yudha mengaku geram dengan adanya pemalsuan namanya. Yudha mengatakan, penipuan itu tentu merugikan masyarakat dan juga merusak namanya pribadi.

“Ini tak benar saya tak pernah menawarkan pelelangan atau jual beli mobil, ini jelas penipuan mengatasnamakan dirinya,saya harap masyarakat jangan mudah percaya dengan isi pesan atau telp yang tidak dikenal,” pungkasnya.

Yudha menambahkan, pihaknya tidak pernah memberikan penawaran kepada masyarakat OKU Timur seperti yang beredar di media sosial. Baik itu Facebook ataupun Whatsapp. Untuk itu, pihaknya menghimbau masyarakat agar tidak percaya dengan hal semacam itu.

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Calon Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur M. Adi Nugraha Purna Yudha menawarkan kredit mobil melalui Whatsapp adalah salah dan termasuk hoaks dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:
https://palpos.id/2020/10/19/waspada-akun-palsu-whatsapp-catut-nama-cawabup-okut/
https://intens.news/namanya-dicatut-cawabup-oku-timur-geram/
https://sumsel.tribunnews.com/2020/10/19/calon-wakil-bupati-oku-timur-ini-geram-namanya-dicatut-untuk-jualan-kredit-kendaraan
https://sriwijayatimes.id/waspada-akun-palsu-whatsapp-cawabup-01-yudha-dicatut-untuk-nipu-warga/