[SALAH] Calon Wakil Bupati Lucky Hakim Menghilang dari Pemilihan Bupati Indramayu

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Calon Wakil Bupati Lucky Hakim membantah hal tersebut, dirinya mengatakan sedang berada di Jakarta karena harus mengurus keperluan pribadi, baik dari sisi bisnis maupun keluarga, di saat yang sama juga handphone miliknya sedang rusak, sehingga tidak bisa dihubungi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

========

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

========

SUMBER: WHATSAPP

========

NARASI:

“Saya Beritahukan kepada seluruh masyarakat yang menunggu kedatangan Kang Lucky Hakim.

Dan yang telah mempersiapkan acara dengan Kang Lucky hakim.
Saya minta maaf yg sebesarbesarnya.
Bahwa kegiatannya di tunda.
Sampai Batas waktu yg tidak di tentukan
Karna sampai saat ini saya sebagai sahabat Kang Lucky hakim tidak tahu keberadaan Beliau ada dimana. Dengab Siapa? Dan Berbuat Apa?

#KangLuckyHakimMenghikang.”
========

PENJELASAN:

Tersebar sebuah pesan berantai Whatsapp yang isi narasinya menyebutkan bahwa Calon Wakil Bupati Lucky Hakim dikabarkan menghilang dari Pilkada Indramayu 2020 karena keberadaannya tak diketahui teman-temannya di sana. Diketahui pesan tersebut pertama kali diposting di akun facebook Sahabat Kang Lucky Hakim, namun postingan tersebut kini telah dihapus.

Dari hasil penelusuran, melansir dari tribunjabar.co.id, terkait informasi itu, Lucky Hakim telah membantahnya, dirinya mengatakan bahwa tengah berada di Jakarta karena harus mengurus keperluan pribadi baik dari sisi bisnis maupun keluarga, juga kasus penipuan yang sempat dialaminya.

“Jadi bukan menghilang, saya datang ke Jakarta mau ngurus ini (perkara penipuan),” ucap Lucky Hakim saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (14/10/2020).

Adapun alasan dirinya tidak bisa dihubungi lantaran salah satu handphonenya rusak dan yang satu lagi ia matikan karena ingin fokus dengan keluarga.

“Handphone mati satu hari karena saya mau fokus sm anak saya udah sebulan nggak ketemu. Begitu ketemu saya gak mau mainan hp. Sebetulnya itu sih,” tuturnya.

Dalam hal ini, DPC Partai Gerindra Kabupaten Indramayu mengaku sudah menerima informasi itu melalui divisi humas dan menyebut penyebar informasi itu adalah akun bodong.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi yang beredar pada pesan berantai Whatsapp yang menyebutkan bahwa Calon Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim menghilang adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang salah.

#CekFaktaPilkadaMafindo

=======

REFERENSI:

https://tribunjabar.co.id/news/read/index/2020/10/13/disebut-menghilang-artis-lucky-hakim-akhirnya-angkat-bicara-ini-katanya-sempat-sulit-dihubungi

https://www.tribunnews.com/seleb/2020/10/15/sempat-dikabarkan-menghilang-dari-pilkada-indramayu-lucky-hakim-beri-klarifikasi

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/302952/sempat-menghilang-begini-penjelasan-cawabup-lucky-hakim