[SALAH] Akan ada Pembekuan Rekening dan Uangnya akan Dicuci di Singapura

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Infomasi pembekuan uang dan akan dicuci di Singapura adalah tidak benar. Faktanya, pihak OJK menyatakan informasi tersebut tidak benar, dan merupakan hoaks daur ulang yang juga beredar pada bulan Juli lalu.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/RruLa

= = = = =

NARASI:
“ TARIK SEKARANG SEMUA TABUNGAN KALIAN DI BANK ADA PEMBEKUAN REKENING MEREKA AKAN CUCI UANG DI SINGAPUR UANG KALIAN AKAN DI SIKAT “

= = = = =

PENJELASAN:


Akun Nickey Disa memposting narasi ada pembekuan rekening di Bank dan meminta agar menarik semua tabungan yang ada di Bank. Postingan ini diunggah pada 14 Oktober 2020 sudah mendapatkan disukai 163 kali, 13 komentar dan sudah dibagikan 16 kali.

Setelah ditelusuri, postingan di Facebook tersebut sudah ditanggapi oleh OJK. Pada @ojkindonesia di cerita instagram OJK yang resmi menginformasikan bahwa postingan tersebut hoax. Hal ini di tegaskan melalui gambar postingan Nickey Disa yang di labeli hoax oleh OJK Indonesia.

Infomasi ini juga dibahas pada m.medcom.id dengan judul “[Cek Fakta] Ada Pembekuan Rekening Bank dan Uangnya akan Dicuci di Singapura? Ini Faktanya”. Artikel tersebut di buat pada 15 Oktober 2020.

Pada 1 Juli 2020, infomasi ajakan dengan topik serupa menarik uang di Bank ini sudah pernah dibahas oleh Turn Back Hoax dengan judul “Ayo tarik uang rame2 ke ATM dan Bank”. Topik hoax tarik uang ini muncul berulang-ulang namun dengan narasi yang berbeda-beda.

Dengan demikian postingan Facebook tentang infomasi pembekuan uang yang akan dicuci di Singapura adalah hoaks, sehingga hal ini termasuk dalam konten palsu.

= = = = =

REFERENSI:
https://instagram.com/stories/ojkindonesia/2419803473647256997igshid=nbtojs2i3h19
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNA3MX3k-ada-pembekuan-rekening-bank-dan-uangnya-akan-dicuci-di-singapura
https://turnbackhoax.id/2020/07/01/salah-ayo-tarik-uang-rame2-ke-atm-dan-bank/