[SALAH] Pesan Whatsapp Bupati Sargen Galang Dana untuk Pondok dan Panti

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Pesan Whatsapp yang mengatasnamakan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati tidak benar dan masuk ke dalam FABRICATED CONTENT.

Selengkapnya pada penjelasan

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

= = = = =

SUMBER: Tangkapan layar Whatsapp

= = = = =

NARASI:“ Saya dengan ibu Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Bupati seragen. Saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai panti dan pondok, apa benar ini saya berbicara dengan pengurus panti”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan pada Whatsapp bahwa Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sedang menggalang donasi berupa uang untuk berbagai panti dan pondok. Pesan yang menggunakan foto profil gambar Bupati Sragen ini beredar pada Rabu (7/10/2020).

Bedasarakan penelusuran, pesan Whatsapp yang beredar ini sudah ada beberapa pengurus pondok yang mengonfirmasi kepada Bupati Sragen bahwa telah menerima pesan Whatsapp tersebut.

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto memastikan bahwa tidak pernah ada pesan Whatsapp dari bupati terkait penggalangan donasi untuk pondok maupun panti. Ia memastikan bahwa pesan hanya modus penipuan. Dilansir dari JOGLOSEMARNEWS.COM Yuni menegaskan pesan itu tidak benar.

“Iya benar, foto dan nama saya dicatut oknum tak bertanggungjawab. Modusnya mengirim pesan ke WA seolah-olah bupati menggalang donasi untuk berbagai panti dan pondok. Kami pastikan bahwa itu tidak benar,” ujar Yuni.

Ketika mendapat konfirmasi dari salah satu pengurus pondok perihal pesan Whatsapp atas nama bupati yang masuk ke Whatsapp, Yuni yang saat ini berstatus Calon Bupati (Cabup) Pilkada Sragen itu menyadari aksi pembajakan nama dan fotonya. Menanggapi hal tersebut ia kemudian menjawab bahwa pesan Whatsapp itu bukan dirinya dan diminta tidak usah mempercayai.

Dengan demikian, pesan Whatsapp yang mengatas namakan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati tidak benar dan masuk ke dalam fabricated content/konten palsu.

REFERENSI:

https://joglosemarnews.com/…/perhatian-foto-dan-nama…/
https://joglosemarnews.com/…/pembajak-foto-dan-nama…/