[SALAH] Tim Kampanye Donald Trump Galang Dana Untuk Kesembuhan Trump

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah ( Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Informasi yang salah. Faktanya, Tim Kampanye Donald Trump tidak melakukan penggalangan dana untuk kesembuhan Trump dan menegaskan bahwa surat elektronik yang beredar adalah TIDAK BENAR.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN.

======

KATEGORI: Konten Palsu

======

Sumber: Twitter
https://archive.vn/zTMEu

======

NARASI:

“This is sinister and insulting. #TrumpCovid

NARASI DALAM GAMBAR:

“Friend,
by now you have heard the news.

President Trump and the First Lady has tested positive for the China Virus. The next few weeks will be difficult for Americans from all across the nation and we ask for your thoughts and prayers.

He appreciates your unwavering support during this time and wants you to know that it has not gone unnoticed.

President Trump would like to ask a favor. Will you please DONATE to help him recover from this disease? It is only fair since he has sacrificed millions of dollars to serve as you President.

Help us reach goal of 421 million to ensure our President will recover to serve another 4 years!

He is fighting for all of us!”

====

PENJELASAN:

Salah satu pengguna Twitter Rev. James Woodall (@iMajorWish) mengunggah sebuah cuitan pada hari Jumat (2/10) dengan melampirkan sebuah foto yang mengatakan bahwa Donald Trump sedang membutuhkan bantuan dana sebesar 421 juta dolar AS. Foto tersebut diterangkan Rev. James Woodall didapatkan dari surat elektronik yang menurut James berasal dari Tim Kampanye Donald Trump.

Berdasarkan penelusuran, surat elektronik tersebut PALSU. Juru Bicara dari Republican National Committee (RNC), Mandi Merritt kepada PolitiFact pada Jumat (2/10) menegaskan bahwa surel tersebut palsu.

Data dari FACTCHECK.org, Tim Kampanye Donald Trump mengkonfirmasi bahwa surel tersebut bukan surel yang dikirim oleh Tim Kampanye Donald Trump.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dimuat di laman Kompas.com dengan judul “[HOAKS] Tim Kampanye Galang Dana untuk Kesembuhan Donald Trump]” dan mengkategorikannya sebagai Informasi tidak benar.

Dengan demikian, informasi Tim Kampanye melakukan penggalangan dana untuk kesembuhan Trump yang tersebar di media sosial adalah Konten Palsu.

====

REFERENSI:

https://www.factcheck.org/…/trump-campaign-didnt send…/

https://www.politifact.com/…/trump-did-not-ask…/…

https://www.kompas.com/…/-hoaks-tim-kampanye-galang…