[SALAH] “Pengiriman barang di Nigeria.. drone. Indomie … Berjaya di Afrika.”

Video editan / suntingan. Video itu sebenarnya merupakan animasi yang dibuat oleh seniman efek visual asal Nigeria.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Hapsoro Hadinoto (fb.com/HapsoroHadinoto) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Pengiriman barang di Nigeria.. drone. Indomie… Berjaya di Afrika.”

Video itu memperlihatkan drone yang mengantarkan sekardus Indomie yang lalu dibayar dengan menggunakan kartu elektronik.

Sumber : https://perma.cc/EDK5-RJUX (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, klaim adanya video yang memperlihatkan drone yang mengantarkan sekardus Indomie di Nigeria adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video hasil editan atau suntingan. Video itu sebenarnya merupakan animasi yang dibuat oleh seniman efek visual asal Nigeria.

Dilansir dari AFP, pencarian gambar terbalik dengan keyframe yang dihasilkan dari alat verifikasi InVID-WeVerify menemukan video yang sama diunggah di Twitter pada tanggal 26 Agustus 2020.

Pengguna Twitter tersebut, Uche Anisiuba, menyatakan dia adalah salah satu pendiri perusahaan produksi konten Nigeria, Quadron Studios.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, cuitan itu berbunyi: “Jadi saya kehabisan Indomie kemarin, perlu cepat menstok, tidak pernah tahu kami memiliki layanan pengiriman drone di Lagos,” diikuti dengan emoji tertawa dan tagar #visualeffects #redshift3d #nollywood #africarising #africatech #nigerian #3Danimation #motiondesign

Menanggapi pertanyaan tentang video tersebut di Twitter, Anisiuba mengatakan video itu adalah “efek visual 3d. Seperti tipe yang mereka gunakan di Avengers.” Dia kemudian mencuitkan rekaman video ini, yang membandingkan video sebelum dan sesudah efek khusus. Anisiuba menjelaskan secara detail bagaimana dia membuat animasi dalam video ini di saluran YouTube Artfrocentric, platform online yang menampilkan seni digital Afrika.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/video-drone-mengantarkan-sekardus-mie-instan-adalah-animasi-yang-dibuat-oleh-seniman-nigeria
https://twitter.com/Anisiuba_Uche/status/1298605665049509888
https://twitter.com/Anisiuba_Uche/status/1298783011954143233
https://twitter.com/Anisiuba_Uche/status/1299137850911449090
https://www.youtube.com/watch?v=FSlAPEjyBwI

About Adi Syafitrah 1226 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo