[SALAH] “Ternyata ini gunanya Wapres Ulama Jarang Ngomong Pas Sekali Ngomong NGAJAK ORANG NONTON PAHA”

Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak mengajak orang untuk nonton paha. Konteks pemberitaan sebenarnya ialah Ma’ruf Amin ingin anak muda Indonesia berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri di dunia internasional dengan  terinspirasi dari K-Pop dan drama Korea.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/Vlr1B

=====

Narasi:

“Ternyata ini gunanya Wapres Ulama

Jarang Ngomong 🙄🙄 Pas Sekali Ngomong

NGAJAK ORANG NONTON PAHA😂😂😂😂😂😂.  Ini sudah tidak pantas di sebut Khiayi Sudah luar dari Syariat ISLAM.

INNALILLAHIWA INNAILAIHIROJIUUN

ASTAGFIRULLOHAL ADZIM YAA ALLAH”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Bundane Kiki mengunggah konten video pidato Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenai Kpop dan drama Korea dengan cuplikan pemberitaan dari gelora.co berjudul “Ma’ruf Amin: K-Pop dan Drakor Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Kenalkan Budaya RI.” Konten tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa Wapres mengajak orang untuk nonton paha.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim narasi postingan tersebut merupakan pelintiran konteks pernyataan Wapres Ma’ruf Amin. Pada artikel gelora.co berjudul “Ma’ruf Amin: K-Pop dan Drakor Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Kenalkan Budaya RI” yang tayang pada tanggal 20 September 2020, tidak ditemukan pernyataan Wapres mengajak orang nonton paha.

Adapun, pernyataan Wapres Ma’ruf terkait K-Pop dan drama Korea ialah Ma’ruf Amin ingin anak muda Indonesia berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri di dunia internasional dengan  terinspirasi dari K-Pop dan drama Korea.

Menurutnya, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-Pop (musik pop Korea) dan K-Drama (film drama Korea) memiliki potensi meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya RI ‘go international’.

“Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” tegas Wapres.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan akun Facebook Bundane Kiki masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1294014807597718/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4361794/cek-fakta-tidak-benar-maruf-amin-mengajak-orang-menonton-paha

https://www.gelora.co/2020/09/maruf-amin-k-pop-dan-drakor-bisa-jadi.html

(arsip: https://archive.fo/v6wnz)

https://news.detik.com/berita/d-5180657/bicara-k-pop-dan-kdrama-wapres-maruf-dorong-kreativitas-anak-muda-ri?single=1

https://tirto.id/maruf-amin-harap-tren-k-pop-dorong-kreativitas-anak-muda-indonesia-f4Pr

https://www.merdeka.com/peristiwa/wapres-maruf-amin-harap-tren-k-pop-dan-drakor-dorong-kreativitas-anak-muda-indonesia.html