[SALAH] Memecahkan Kaca Mobil dengan Garam dan Air Liur

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia). 

Bukan garam, melainkan pecahan keramik dari busi mobil yang dicampurkan dengan air liur.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/90ouB

= = = = =

NARASI:

“You only need salt and saliva to break the car class!! Beware of your car!?”

Jika diterjemahkan akan berbunyi seperti ini :

“Kamu hanya membutuhkan garam dan air liur untuk memecahkan kaca mobil!! Waspadalah terhadap mobil Anda!?”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook Seshadri Mk memposting video dengan narasi berisikan klaim bahwa garam dan air liur dapat memecahkan kaca mobil. Postingan ini telah disebarkan kembali sekitar 8 kali dan disukai sebanyak 3 kali.

Berdasarkan artikel dari liputan6.com, salah satu modus pencurian barang di dalam mobil yang digunakan adalah dengan pecahan keramik dari busi. Modus ini digunakan dengan cara memecahkan keramik pada busi mobil dengan batu yang cukup besar sehingga menjadi serpihan, kemudian serpihan tersebut dimasukkan ke dalam mulut agar bercampur dengan air ludah dan menjadi lengket. Campuran inilah yang dilemparkan pada kaca mobil dan kaca mobil tersebut dapat dilepaskan.

Keramik memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada kaca mobil, keramik atau alumunium oxide memiliki tingkat kekerasan 9 Mohs sedangkan kaca mobil yang terbuat dari batu kwarsa memiliki tingkat kekerasan 6,5 Mohs. Faktor inilah yang membuat kaca mobil lebih mudah dipecahkan dengan keramik daripada batu dan platinum yang hanya miliki 4,5 Mohs. Beberapa negara bagian di Amerika memasukkan keramik ke dalam kategori senjata perampokan yang disebut juga Ninja Rocks dikarenakan ketika keramik tersebut membentur tidak menimbulkan suara yang berisik namun mematikan dan mampu memecahkan kaca.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim garam dan air liur dapat memecahkan kaca mobil adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2017/11/29/disinformasi-garam-dan-air-ludah-untuk-memecahkan-kaca-mobil/
https://www.kominfo.go.id/content/detail/16608/disinformasi-garam-dan-air-ludah-untuk-memecahkan-kaca-mobil/0/laporan_isu_hoaks
https://www.liputan6.com/citizen6/read/2381234/waspada-teknik-baru-maling-pecahkan-kaca-mobil-pakai-keramik-busi
https://www.youtube.com/watch?v=fZdLIGhY1s4